revolusi iran 7
By arwahx.blogspot. com at Januari 26, 2024
revolusi iran 7
dipimpin oleh orang-orang tua.1 Bila tadinya
1. Bazarg:m, pemimpin Gerakan Pembebasan Iran, mis,ilnya, telah
berusia tujuh puluhan tahun.-
398
hanya mahasiswa yang menjadi anggota maka kini
merambat ke kalangan petani dan bahkan pegawai
negeri.
Kedua organisasi ini, terutama Feedayen, pernah
diserang oleh pihak yang menamakan diri mereka ko
mite Khomeini, sesudah revolusi. Mereka tidak mau
menyerahkan senjata mereka selama cita-cita revolusi
sosial yang sesungguhnya belum tercapai di Iran.
Mer:eka juga menghendaki pemumian Angkatan
Perang Irc:an. Perwira-perwira tinggi harus diganti
semuanya. Hanya perwira-perwira rendah, bintara dan
tamtama yang tak terlibat dalam sistem Shah Iran-lah
yang boleh tir.ggal.1 Partisipasi seluruh kelompok poli
tik dalam Penguasaan mereka harapkan terwujud
dalam Penguasaan pos-revolusi. Sekarang kedua
organisasi ini mE::njadi organisasi bawah tanah kembali
seperti halnya di zaman Shah Iran. Anggota-anggota
Feedayen telah membantu Gerakan Otonomi Kurdi
stan di Mahabad melawan Pasdaran dan pasukan Pe
merintah.
Meskipun mereka menghormati kepemimpinan
Khomeini di saat-saat pertama revolusi, kedua organi
sasi gerilya ini menganjurkar. agar generasi bani Iran
meneruskan kepemimpinan di negeri ini.2
I Mereka mengi.ngatkan bahwa kesalahan Dr. Mossadeq ada!Rh
menganggap bahwa pemurni:m tertara ti<!aklah perlu: cukup di
ganti pemimpin-pemimpinnya saja. sebab itu terjadi kudeta ter
hadapuya. Sebuah pasukan populer diidamkan kedtia organisasi
gerilya :ni.
2. Hal yang seda'ng terjadi di Iran: Presiden Bani Sadr berusia em
patpuluh tujuh tahun; ketik2- Mossadeq berkuasa ia h .. mpir 70
tahun. Khomeini juga mendorong adanya pergantian generasi ini.
399
L
.6KTUAL
AM
...,VOLUSI IRAN
Di saat-saat teralr.hir kekuasaan Shah, gerakan
kaum intelektual Iran tak dapat diremehkan. Betapa
seringliya terjadi pemcgokan dan demonstrasi
demonstrasi mahasiswa dan profesor. Betapa banyak
penulis dan seniman yang telah mengenal penjara
Shah. -
Sebualt kejutan ialah saat pada bulan Maret urn
seorang penulis, Ali Asqar Javadi, menyebar luaskan
surat terbukanya kepada Shah sepanjang 230 halaman
tik: "Surat terbuka" -yang mengritik rezim Shah itu
samasekali tidak diberangus penguasa. Beberapa pe
nulis lainnya cepat mengikuti jejaknya sebelum ke
buru diberangus.
Di bulan JurJ di tahun yang sama S'l intelektual dan
pengarang terkenal mengecam .tidak adanya kebu
dayaan politik, timbulnya gejalc1 kemunduran budaya
yang _rnengkhawatirkan dan hilangnya kemerdekaan
_ rnenulis dan mengungkapkan pendapat di kalangan
mereka. Mereka merninta agar organisasi Persatuan
Pengarang Iran yang dibubarkan sejak tahun 1969 di
beri hak hidup lagi oleh Penguasa. Secara gelap
berkali-kali mereka melaksanakan "malam kebudaya
an" di ma_na para pengarang dan intelektual yang me
nentailg rezini atau pernah dipenjata dibolehkan bi
cara bel:>as. Sukses besar mereka terima: kurangJebih
15.000 orang yang hadir.
400
a. Pemogokan Hakim dan Wartawan
Bulan Juli 1977 para pengacara dan hakim mulai
membuka mulut mereka: Teraitg-terangan. Enam pu
luh empat orang membuat deklarasi yang disebar luas
kan ke mana-mana, meminta kebebasan dan kemerde
kaan bagi lembaga kehakiman, sekaligus dihapuskan
nya Pengadilan-pengadilan Istimewa! Di bulan Sep
tember, sebuah Organisasi Hakim dibuat dengan tu
juan mendemokrasikan pengadilan di Iran.
Para Hakim juga melak'.lkan pemogokau. Mcreka
menganggap rezim dan Penguasaannya ada1ah ilegal
sebab tak sesuai . dengan konstitusi Iran. Pemogokan
yang tadinya dimulai di Teheran itu cepat menyambari
semua kota di. Iran. ·
Seorang hakim menerangkan mengapa mereka
yang terdiri dari 2.500 orang di seluruh Iran itu mogok:
"Kami mempakan satu-satunya jenis peg3wai negara
yang selalu menjadi korbannya. Kecurigaan rezim
pada kami sedemikian besamya, sehingga mereka tak
mau memanggil seorang ahli hukum pun dalam Kabi-
net sejak 25 tahun."
Konsiltusi mengatakan bahwa para hakim mem
punyai wewenang dalam seluruh proses pengadilan
namun ternyata kekuasaan yudikatif menyaksikan
bahwa sejak delapan belas tahun kekuasaan hakim
makin te1·batas. Tak kurang dari 100 pengadilan khu
sus: pol_isi diadili oleh polisi, duane diadili oieh duane
dan lain-lain. Kementerian-kementerian juga mempu
nyai hakil!l mereka sendiri. Pertentangan dalam Ke
menterian Kehakimar1 akan diadili oleh pegawai
pegawainya sendiri yang berubah seolah-olah menjadi
ahli hukum. Mereka menuntut, rnenghukum dan me
laksanakan. Bahkanpara tahanan politikjuga menjadi
urusan Pengadilan Militer, meskipun. scjak November
1978 beberapa pengacara _sipil dibolehkan menjadi
pembela.
Bukan hanya para hakirn yang mogok. Para war
tawan juga.
401
Selama--d.ua bulan, dari 6 November 1978 sampai 6
Januari 1979 penduduk Iran telah tak membaca koran
terbitan Teheran. Radio dan Televisi berjalan meski
pun programnya menciut akibat pemogokan. Sebelum
nya pers tertulis juga sudah mogok dari tanggal 11 Ok
tober sampai 16 Oktober 1978 saat seorang kolonel
datang ke kantor mereka akibat diterbitkannya foto
Khomeini untuk pertama kalinya.
Pemogokan wartawan itu (yang sesudahnya diper
debatkan dengan tema: sesuaikah pemogokan di saat
riegara mengalami revolusi) menyebabkan timbulnya
aktivitas komunikasi antara orang Iran di luar pers.
Mereka mencetak kabar dengan stensil, dan f otokopi.
Mereka membagi-bagikannya dari tangan ke tangan.
Telepon, pertemuan untuk menyampaikan informasi,
. kunjungan-kunjungan, makin sering dilakukan. Tiada
nya_pers menyebabkan kehausan berita yang luar bia
sa.Akibatnya koran seperti Ka,yhan dan Ettelaat meli
hat oplah mereka herlipat ganda setehh pemogckan
selesai: menjadi lebih dari 1 juta eksemplar per hari.
b. Gerakan Mabasiswa
Gerakan m@hasiswa menjadi lebih radikal dengan
timbulnya gerakan keagamaan yang berinspirasikan
pikiran Dr. Ali Cheriati dan berkat ,dorongan kebera
nian Ayatollah Khomeini. Selain itu juga berkat la
hirnya geralam-gerakan mahasiswa bersenjata yang
menggabungkan diri dengan Feedayen Khalq atau
Mojaheddin Khalq.
Di Iran ada 170.000 mahasiswa yang tersebar
di 217 buah pergurJan tinggi, 22 di antaranya adalah
Universitas. Yang terbesar a<lalab Universitas Te
heran yang clidirikan di tahun 1934. Di situ ada 19
Fakultas, 23 Lembaga Riset, 6 Sekolah Tinggi dan 17
Rumah Sakit. Universitas-universitas di Iran biasanya
bukan saja memiliki fasilitas baik namun juga mem
punyai kompleks yang besar-besar. Ijazah SMA saja
402
tidak cukup untuk dapat masuk ke Universitas, dibu
tuhkan ujian penyaringan yang diarahkan dari Teher
an: Setiap tahun tak kurang dari 300.000 orang kandidat
sedang hanya ada 13.000 tempat di tahun 1978.
Untuk mengetahui bagaimana pambagian pem
biayaan negara disalurkan di Iran dapat dilihat seba
gai berikut: Kementerian Pertahanan (698 juta Ryal),
Kementerian Perumahan (294 juta Ryal) dan Kemen
terian Pendidikan (214 juta Ryal) sedang 1.132 juta
Ryal diperuntukkan bagi pendidikan tinggi. Untuk
· masuk ke universitas harus bayar yang jumlahnya ber
beda satu sama lainnya. Yang tertinggi adalah Univer
sitas Melli.I Biaya pendaftaran fakultas Kedokteran tak
kurang dari 400.000 Ryal, Faku!tas Ilmu Pengetahuan
sebesar 150.000 Ryal dan l<eakultas Sastra 70.000 Ryal.
Bagi yang tak punya uang sebesar itu diberikan bea
siswa asal mau ikut kontrak pada Penguasa dua kali
sepanjang masa pendidikaunya bila sud:1.h selesai.
Anak-anak orang kaya tak ambil pusing: mcreka
t>elajar di luar negeri. sebab itu jumlah mahasiswa
Iran yang berada di luar negeri cukup banyak: Amerika
(60.000), Inggris (25.000), Jerman Barat (9.000), Prancis
(4.500), Kamtda (3.1)()()), Fiiipina (1.200). Selain itu ba
nyak juga yang belajar di Swiss, Belgia, India, Turki,
Jepang dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Yang
tinggal di Iran hanya anak-anak orang kaya yang tak
dapat meninggalkan negerinya sebab berbagai hal
dan kemudian anakgolongan menengah. Dari golongan
bawah sedikit sekali. namun itu bukan berarti anak
anak golongan tinggi dan menengah tidak seradikal
mahasiswa-mahasiswa tak mampu. Di universitas
manapun banyak orang yang beraliran sosialis.
Munculnya gerakan mahasiswa dimulai sesudah
kudeta 1953 persis saat wakil Presiden Nixon meng
unjungi Teheran. Pada demonstrasi hari itu 3 orang
1. Universitas Farah Pahlavi lebih mahal lagi. Universitas ini hanya
mau menerima 1.800 mahasiswa disaring dari kalangan paling ber
ada di Iran.
403
mati. Setiap tahun hari itu lalu dijadikan "hari maha
siswa" bagi mahasiswa Iran.
Sejak meninggalnya Mossadeq, universitas telah
menjadi tempat pertarungan berpikir di kalangan
mahasiswa Tidaklah aneh bila dari sana lahir gerilya
Feedayen dan Mojaheddin Khalq. Kedua organisasi
gerilya ini juga memakai Universitas Teheran sebagai
markas besar mereka, saat revolusi Iran menang.
Pen,ulis teringat pada konperensi pers yang mereka
buat di Falrultas Teknik Universitas Teheran, semua
nya memakai kedok muka dari kain sehingga sukar
dikenali.
Tadinya gerakan mahasiswa dimonopoli oleh
Front Nasional dan Partai Tudeh. Sekarang lebih ba
nyak lagi ragamnya. Mahasiswa-mahasiswa yang mis-
. kin kebanyakan berasal dari desa dan Liasanya peng
aruh agama Islam pada mereka lruat. Di Universitas,
pikiran Dr. Ali Shariati, bekas dosen di Mashad, orang
yang mefaiifrkan kembali Islam <.lengan membuatnya
menjadi agama pejuang, banyak mempengaruhi mere
ka.
Universitas Teknologi Teheran pada tahun 1966
menjadi model di Iran sebab memiliki perleng
kapan dan guru-guru yang terbaik dan paling baik pula
penggajiannya. namun ternyata_banyak an.ggota Fee
dayen di situ. Artinya guru-guru dan murid-murid me
reka juga peka terhadap masalah ketidakadilan yang
ada di Iran. Dan mereka solider dengan yang lainnya.
Sejak ta!lun 1S77 sampai dengan saat ini,
universitas-universitas di Iran menjadi tempat berdis
ktisi politik. Bedanya bila <lulu terbatas di kalangan
mahasiswa kini seluruh golongan: agama, buruh, t.ani
yang bukan mahasiswa malah datang berapat, berpi
dato atau _me.ndengarkan ceramah.- Sembahyang hari
Jumat pun di Teheran diadakan di Universitas Teher
an.
404
XXVIII
PERANAN
WANITA
Wanita· telah memainkan peranan penting sekali
dalam revolusi Iran. Bersama kaum pria wanita-w:mita
Iran berjasa besar dalam penumbangan dinasti Pahla
vi . Mereka memegang senapan, membuat boni-bom
Molotov, membantu wami - anak dan ayah - secara
moral dan materil, ilrut demonstrasi-dcmonstrasi da
lam jumlah yang besar- terkadang melebihi laki-laki
- tak perduli ancaman senjata. Ratusan telah tewas
bukan saja selama hari berdarah di Jaleh Square, Te
heran, paaa kejadian ''Jumat Hitam" namun juga pada
bentrokan atau bahkan pertempuran lainnya.
Khomeini sendiri me11gakui jasa-jasa wanita di
Iran. Beberapa saat sebelum rezim Pahlavi tumbang ia
berkata pada pers: "Penjara-penjara Shah Iran penuh
- dengan wanita-wanita yang pemberani seperti singa.
Wanita-wanita kami ikut berjuang antara lain dengan
melakukan demonstrasi-demonstrasi di jalanan -
dengan putra, putri, terkadang bayi di pangkuan -
tanpa takut tertembak senapan mesin meupun meiam.
Wanita-wanita giat dalam pertemuan-pertemuan poli
tik di kota-kota di Iran. Mereka memegang peranan
-penting sekali dalam revolusi Iran."
Banyak tokoh wanita Iran dsn Islam yang contoh
contoh kepandaian, jasa-jasanya dan keberaniannya
menjadi- teladan bagi wanita-wanit.a Iran. Misalnya
Fatima, putri Nabi Muhammad; Bibi Shahbanu, putri
405
dinasti Sasanide (Iran) yang menjadi istri Husin; Kha
dijah, istri pertama Nabi Muhammad; Zeynab, salah
seorang putri Ali; Parwin Etessami yang menjadi pe
nyair terbaik Iran awal abad ini.
Di Iran, kaum wanita selain memiliki hak untuk
ikut pemilihan-pemi!ihan umum, mendapat pendidik
an dan juga bekerja meskipun gaji mereka - untuk
pekerjaan yang sama - lebih rendar.. dari yang dite
rima kaum pria. Padahal partisipasi mereka di bidang
ekonomi tidaklah kecil: 25% wanita bekerja di Iran
(11% di tahun 1971). Sebagai perbam:1ingan, di negeri
negeri Timur Tengah yang beragama Islam jumlah
wanita yang bekerja dibandingkan laki-laki rata-rata
hanya 5%. Di Saudi Arabia lebih kecil lagi: hanya 1%.
Bidang pekerjaan anta.ra wanita-wanita yang ting
gal di kota dan di desa tentu saja berbeda. Di kota-kota
wanita-wanita bekerja di bidang pendidikan, pengaca
ra, sekretaris-sekretaris kantor, pelayanan, kesehatan
dan lain sebagRinya . Gaji mereka lebih besar jika di
bandingkan dengan rekan-rekan sejenis yang bekerja
di desa-desa. Juga jumlah yang buta huruf jauh lebih
.sedikit.
Wanita-wanita di desa, di samping giat mengurusi
rumah tangga, juga bekerja di daerah-daerah perta
nian seperti kaum Adam lae1aknya, 70% bekerja di
pabrik-pabrik tekstil. Banyak yang bekerja <li rumah
rumah atau di tempat-tempat lain untuk membuat
permadani Iran yang termashur itu, baik yang sutra
_ maupun dari wool.
a. Inginkan Status Lebih Maju
Masalah sesungguhnya yang sekarang mereka ha
dapi adalah penggarisan yang jelas bagi status dan per
samaan hak antara wanita dan pria di segala bidang
(pendidika!l, pekerjaan, penggajian dan peranannya
baik di rumah-rumah tangga maupun di dalam masya
rakat). Untu.l<mencapai seluruh hal itu mereka sanggup
berjuang, meskipun mereka tahu bahwa hal itu tidak-
406
lah mudah dan membutuhkan waktu panjang.
Perjuangan mereka yang pertama sesudah revolusi
adalah penolakan terhadap seruan Khomeini yang
mewajibkan wanita memakai cadar (penutup muka).
Mereka juga memprotes perbuatan Khomeini meng
hapuskan undang-undang tahun 1975 yang melarang
perceraian berdasarkan hukum Qur'an. Khomeini juga
menent,ang adanya sekolah campuran bagi wanita dan
pria . .
Mulai tanggal a Maret, belum sebulan menangnya ·
Kh ome in i , mereka l ang sung mengad akan
demonstrasi-demonstrasi raksasa, tak hanya di Te
heran namun juga di Qom. Tanpa takut-takut mereka
tentang demonstrasi tandingan yang dibuat oleh laki
laki kolot penentang mereka.
Banyak yang bekerja di antara mereka meskipun
gajinya rendah: 14.000 Ryal per bulan (kebutuhan satu
keluarga yang menanggune jiwa 4 orang paling sedikit
40.000 Ryal per bulan, di Teheran) meski pun itu adalah
gaji yang dinaikkan sesudah revolusi. Besarnya inflasi,
2e30% menurut sumber-sumber yang dapat dipercaya
menyebabkan kenaikan gaji minimum terkejar oleh
tingginya harga.
Bagi mereka, perbaikan ekonomi dan peningkatan
tingkat hictup merupakan tumpuan harapan yang besar
sekali dengan adanya revolusi Iran. Me1eka inilah,
bersama euami dan anak, yang menjadi pendukung
utama Khomeini. Mereka inilah antara lain yang dise
but Khomeini katimmostazajin (orang-orang takpunya).
Mereka percaya bahwa revolusi berakibat baik pada
mereka. Usaha Yayasan "Mostazafin" yang mengelola
seluruh bekas usaha-usaha orang-orang pro Shah me
reka sambut dengan gembira. namun keker.ewaan se
ring dijumpai. Seorang wanita yang kehilangan suami
nya dalam revolusi mengeluh sebab tak mendapatkan
sumbangan sepeser pun dari yayasan yang diciptakan
untuk membantu kaum tak punya itu. Tapi ia mengataa
kan "itu salah si Direktur, bukannya Khomeini.'"
Banyak wanita yang mengingini adanya sebuah
revolusi baru , khusus untuk meluruskan jalannya revo-
407
lusi Iran. KepP,rcayaan pada Khomeini tetap tinggi,
yang selalu diselahkan adalah pembantu- pembantu
yang mendampinginya.
Di- kalangan kelas menengah, wanita-wanita me
ngecam konstitusi baru terutama soal besarnya kekua
saan yang diberikan pada faghih dalam kekuasaan
Penguasaan negara, serta tidak progresifnya pasal
tentang status wanita Iran. "Konstitusi ini telah dibuat
oleh laki-laki," kata seorang ibu yang bercadar. Me
mang, dari ratusan anggota Dewan Ahli yang meran
cangnya ada seorang saja wakil wanita: Ny. Gorji.
Dibuatnya sebuah bentuk Negara Islam bukankah
merupakan kemunduran selama 1.400 tahun dari status
wanita di Iran?
"Jug&. di zaman Shah kemerdekaan wanita bar.ya di
bibir saja," kata seorang mahasiswi berusi& 20 tahun di ·
Universitas Teheran.
"Dalam soal wanita, kedua rezim ini sama-sama
reaksionernya," kata seorang wartawati Iran dari sebu·
ah koran berbahasa Inggris di Teheran.
b. Wanita-wanita Berjabata!l Penting
Kebanyakan wanita yang memegang posisi penting
seperti manajcr, pengusaha, pengacara, dokter dan
lain sebagainya di Iran, memiliki gaya hidup dan
cara berpakaian seperti wanita-wanita di Eropa.
Bagi mereka, bentuk Republik Islam membuat
mereka cemas, tak puas. Penguasaan negara oleh
orang-orang agama - yang tak seluruhnya progresif -
membuat mereka ingin punya kepastian tentang ·
usaha-usaha Penguasa untuk melindungi kepen-
tingan kaum wanita Iran
Mereka mengajukan dua alasan:
1. Tidak adanya batasan yang jelas dari Pemerin
tah tenta.ng apa yang boleh dilakukan dan apa yang .
tidak oleh wanita - sesuai dengan hukum Islam -
membikin setiap organisasi, perusahaan tempat me
reka bekerja, bebas membuat tafsiran sendiri. Terka
dan_g, sering terjadi keputusan yang tidak adil tanpa
408
adanya hak pada wanita untuk mendapat pembelaan.
2. Sudah umum di mana-mana, begitu ada peng
urangan fasilitas ekonomi (Iran pada saat ini bekerja
50-600/o dari normal) maka para wanita yang diberhen
tilcan terlebih dulu. Atas hak apa? Dalam kehidupan
kota-kota di Iran, banyak wanita yang bekerja untuk
menambah penghasilan keluarga. Menganggurnya
mereka menyebabkan tingkat hidup keluarga mereka
merosot, akibat berkurangnya pemasukan uang.
Seorang wanita yang bekerja sebagai manajer di
perusahaan komputer mengeluh: "Sudah sikap orang
Iran menganggap tempat wa.nita itu di dapur. Memang,
baru-baru ini saja lelaki mau mene1ima pekerja tanpa
melihat jenis sexnya. Dalam pikiran orang banyak,
laki-lakilah - bukan wanita - yang memimpin rumah
tangga. namun kita telah mengeluarkan waktu dan uang
bagi pendidikan kita, oleh sebabnya dianggap bekerja
hanya untuk membeli baju tambahan adalah merupa
kan penghinaan yang sukar ditelan."
Tidak seluruhnya setuju dengan pendapat itu. Se<r
rang dokter wanita mengatakan: "Saya tak pernah pu
nya persoalan, seb .. gai doktei" wanita, dalam menger
jakan tugas-tugas saya. Bila ada, itu lebih baik diban
dingkan sebelum revolusi ...
A nehnya, meskipun kebanyakan di antara mereka
tidak puas, tak bany&k di antara wanita lr&n yang ilrut
organisasi-organisasi politik yang membela kepen
tingan mareka. Alasannya macam-macam: sibuk
mengurus anak, sibuk di kantor dan sebagainya.
Sehingga Parivash Khajehnuri, seorang peneacara
yang aktif membela hak-hak wanita, n,engeleh: "Hal
yang paling mengagetkan dalam periode post-revolusi
Iran adaiah, kurangnya perhatian wa'lih untuk meng
gai.ang persatuan, baik di bidang politk maupun non
politik."
409
e--- -- -- ---- e-
c. Emansipasi Menyeluruh
Seorang wanita menulis di koran Teheran Time1 :
"Struktur sosial wanita Iran mesti diubah secara liber
al.. ... Selama wanita tidak diikutsertakan dalam selu
ruh kegiatan di segala bidang secara aktif, sehari-hari,
tak ada gunanya bagi mereka memiliki hak-hak poli
tik; sebab emansipasi politik berakar dalam perkem
bangan masyarakat itu sendiri."
Wanita itu, Aamjit Singh, menuduh: "kolonialisme
lnggris membuat status wanita mundur di Iran." Wa
nita tidak diperkenankan menjadi tokoh agama atau
pun militer, tidak mempuny&i hak atas warisan ayah
nya dan "sesudah kawin hanya menjadi perhiasan sua
minya belaka," katanya.
"Sekarang, di banyak negara di luar Iran, ada
banyak wanita yang memegang jabatan sebagai Guber
nur, menjadi dokter, guru, pegawai negeri dan bahkan
menjadi perwira militer dan sebagainya. Mengapa
wanita di Iran tak dapat memiliki kesempatan yang
sama? Padahal mereka tidaklah lebih bodoh, lebih
rendah, daripada wanita di negeri-negeri itu.
"Datangnya revolusi Iran telah b£:rhasii menghan
curkan rasa rendah diri saudari-sau<lari dan putri
putri Iran dan sekarang mereka berjalan sebelah me
nyebelah saudara-saudara laki-laki mereka di setiap
langkah kehidupan," tulisnya lebih lanjut.
Sebuah harapan. namun baru kelak menjadi kenya
taan bila dipcrjuangkan terus menerus.
d. Novelis Pejuang Danes.hvar
Iran mengenal cerdik pandai dan penulis-penuJis
wanitayangselalu ber:iuangmemajukanstatuswanita di
negeri mereka sambil aktif dalam politik. Di antara
mereka,yang termasukgolongan modern, adahh Simin
Daneshvar, lima puluhan tahun, pengarang dan guru
1. 27 Desember l!n9
410
besar kesenian Universitas Teheran.
Ia menulis sebuah roman politik yang menyindir
politik kejam Shah Iran berjudul Savushun, yang mes
kipun disensor 60 halaman berhasil diterbitkan sete
bal 300 halaman di zaman Shah juga. Bekas suaminya, ·
Jalal Al Ahmad, sama-sama pejuang penentang Shah,
menulis roman Cha:rbadegi. Sekarang Ny. Daneshvar
sedang menggarap kumpulan cerita pendek, empat di
antaranya mengenai revolusi Iran.
Baginya, memang selalu ada usaha untuk memba
tasi kegiatan-kegiatan, baik yang dilakukan oleh pihak
lelaki maupun oleh wanita-wanita sendiri. namun ber
hasil atau tidaknya pcrjuangan itu "tcrgantung dari
mereka (wanita) sendiri."
Wanita-wanita telah berjuang secara mati-matian
seJama revolusi dan kini mereka harus berjuang terus
mencegah usaha-usaha - membatasi peranan mereka.
"Kita harus bertempur untuk mendapatkan hak-hak
kita dan wanita-wanita Iran tahu bagaimana earanya.
Bila orang-orang (Islam) fanatik f..!Oba-coba membatasi
hak-hak wanita, wanita-wanita Iran akan bertahan
menghadapinya. Apalagi di Iran ada banyak wa
nita terdidik - ada 500.000 orang guru (pendidik) wa
nita di Iran. Di setiap revolusi selalu ada ·orang-orang
oportunis Yang coba cari keuntungan bagi mereka sen
diri ," katanya.
Kesukaran besar bagi penulis ini ialah bahwa
wanita-wanita Iran tidak banyak yang memiliki
pengalaman dalam organisasi politik dan sebagian
besar wanita tidak mendapat pendidikan pQlitik. Ke
burukan utama rezim Shah Iran "bukan hanya bahwa
mereka korupsi, namun juga dengan sengaja tak mau
memberi pendidikan politik dan kebudayaari bagi
oranf! Iran."·
Oleh sebabnya maka wanHa-wanita progresiflran
"harus mengorganisasi diri mereka untuk memberi
pendidikan politik kepada -.rak.yat, yang hanya tahu
meneriakkan slogan-slogan helaka, dan yang makin
menjadi ekstremis.- Terorganisasikan secafa politik
adalah merupakan cara bertahan yang terbaik bagi
411
wanita. Dan mereka harus berjuang unto.k merebut
hak-hak mereka bersama-sama lr..aum pria. Saya tak
percaya akan berhasilnya perjuangan yang dilakukan
secara terpisah-pisah," ujarnya.
Masalah bahwa yang menjadi kesukaran dalam
penjelmaan hak-hak wanita sederajat dengan laki-laki
ialah sebab wanita mendapat perlawanan yang kuat
dari pihak laki-laki adalah omong kosong.
"Siapa laki-laki sesungguhnya? Mereka adalah
putra-putra, saudara-saudara, suami-suami kaum wa
nita. Mereka terdiri dari daging dan darah seperti hal
nya wanita. Oleh sebabnya mereka dapat disadarkan
dengan mudah. ada cukup banyak laki-laki yang
progresif di Iran meskipun mereka sering dipojckkan
oleh orang-orang yang ko1ot dan picik. Wanita dan laki
laki yang progresif harus bersatu untuk membangun
negeri ini dan tak ada sesuatu pun yang berhasil · dila
kukan sebelum berlangsungnya sebuah revolusi kebu
dayaan di Iran,'' demikian Daneshvar.
la ·melanjutkan: "Saya tahu dari pengalaman saya
mengajar di Universitas bahwa revolusi Iran memberi
10 tahun pengalaman pada mahasiswa-mahasiswa. Dan
sekarang selurub orang progresif harus mulai mem
bimbing massa dan mengajari mereka memiliki rasa
tanggung jawab. Mereka haius sadar bahwa slogan
slogan saja tidaklah cukup. Iran membutuhkan pem
bangunan kembali. Banyak hal yang telah dicapai oleh
revolusi namun tujilan-tujua:n revolusi yang sesungguh
nya belum tercapai."
Meskipun ada pertentangan antara kaum agama
dengan cerdik pandai dan sering kali cerdik pandai
dalam usaha mereka membimbing massa dikecam oleh
kaum agama, namun kaum cerdik pandai tidak boleh
berputus asa. Malah mereka harus berjuang terns se-
perti apa yang mereka lakukan di zaman Shah. Cerdik
pandai dapatmenemukan ribuan cara untuk bertahan.
Dan mereka tidak boleh melakukan apa yang mereka
anggap benar secata sembunyi-sembunyi.
Lalu bagaimaua kalau revolusi ·ini gaga!?
Derigan berfalsa(ah Daneshvar menjawab: "Bila
412
revolusi . ini tak berhasil, kenang-kenangannya akan
terus hidup di lagu-lagu, cerita-cerita, lukisan-lukisan
ataupun dongengan anak-anak kita. Dan kenang
kenangan itu akan menjadi semacam pendorong bagi
lahirnya sebuah revolusi baru. Lihatlah pengalaman
pengalaman Dr. Mossadeq. Sepintas lalu orang-orang
berpikir bahwa ia telah gagal, namun sekarang kita lihat
bahwa kenang-kenangan perjuangannya menjadi ca
haya yang menyinari jalan kita."
Banyak masalah yang harus diatasi oleh wanita
I:ran. Salah satu di antaranya adalah masalah perka
winan. Islam mengizinkan laki-laki untuk mernpunyai
istri paling banyak 4 orang. namun syarat-syarat yang
berat harus dipenuhi sebelum melakukan perbuatan
itu, antara lain harus berlaku adii - secara moral dan
kebcndaan - pada istri-istrinya.
Nabi Muhammad memang memiliki 4 orang is
tri, tapi waktu itu Islam sedang dalem peperangan dan
anak-anak dibutuhkan seka1i untuk meneruskan per
juangan mereka mengembangkan agama ini .
e. Gorji, Wanita Tradisional
Satu-satunya wanita yang terpilih sebagai anggota
Dewan Ahli yang menyusun Konstitusi Baru Iran ada
lah Monireh Gorji. la guru, berusia lima puluhan tahun
den inengenal baik hukum-hukum Islam. Ia mengingini
juga persamaan hak-hak wanita di Iran. namun hal itu
harus berjalan dalam garis-garis Islam. Berbeda sekali
dengan Daneshvar yang ingin memajukan p.ak-hak
wanita tanpa berdasarkan agama apapun juga, Gorji
memiJih Islam.
Mengenai peranan dan "kediktatoran" laki-1aki di
Iran terhadap lawan jenisnya, Gorji mengatakan: "Wa
nita telah tak ikut merr.utuskan kareria <lulu mereka
dianggap lebih l'endah dari laki-laki. Dan ini menjadi
sebt!ah- kebudayaan kita dan kita lalu tak tahu bahwa
sesungguhnya kita sanggup menentukan nasib kita."
Gorji ing::.n agar wanita berjuang namun tanpa me-
lupakan keluarga mereka. -
"sebab wanita memainkan peranan yang penting
sekali di maSyarakat, sebab nasib generasi yang akan
datang tergantung di tangan mereka. Maka wanita ha
rus menganggap peranan mereka lebih penting di ke
luarga daripada di masyarakat Hanya wanita yang
dapat mengatur keluarga mereka yang dapat berpe
ranan penting di masyarakat," kata Gorji.
Islam, seperti Ayatollah Khomeini mengatakannya
berkali-kali; mengizinkan wanita untuk bercerai daii
suaminya asalkan dengan jalan mengajukan hal itu
sebagai syarat mutlak waktuperkawinan. namun sean
dainya dari perkawinan ini lahir beberapa orang
anak, siapa yang berhak menguru.s mereka seandainya
terjadi perceraian? · Gorji menjelaskan bahwa manusia "harus melihat
dari segi hukum alani, logika dan pandangan Islam.
Seorang wanita memiliki hak untuk menjaga anak
anak mereka seperti halnya kaum lelaki. Dalam Islam
ada hukum-hukumnya: hezanat a.rtinya memberi
makan, menjaga dan mengawasi anak adalah menjadi
hak wanita; sedang oghayumiat berarti menjaga.
mengawasi, menguasai, termasuk di dalamnya mem
beri rum3h, memberi makan-minum dan pendidikan di ·
luar kelua.rga. Oghayumiat merupakan hak-hak lelald.
Kedua hal itu sama pentingnya bagi kehidupan manu
sia di dunia."
Banyak wanita yang menyesali dihapuskannya
sebuah Badan Pengadilan - diciptakan di tahun 1967
-yang disebut Pengadilail Pelindung Keluarga. Di situ
ia berhak memberi kata putus seandainya terjadi per
tikaian antara suami-istri. Pengadilen ini diha
puskan sebab dianggap bertentangan dengan hukum
Islam.
Dalam tempo rlekat sebuah pengadilan baru akan
dibenttik dan menurut Gorji ia akan lebih progresif
sebab dapat lebih melindungi wanita, "tak perduli dari
golongan niana mereka berasal dan tak penting apakah
mt:reka beker,ja_ atau tinggal di rumah."
Keuntungan pengadilan yang baru itu antara lain
4 14
saat terjadi perceraian maka laki-laki tak dapat
memaksa wanita yang menolak menjaga dan memberi
makan anak mereka, malah pengadilan "dapat me
maksa si laki-laki untuk menjaga anaknya."
Menerapkan hukum Islam di Iran tidaklah mudah
sebab para pemimpin agama baru saja memegang ke
kuasaan dan "mungkin saja" mereka akan mendapat
kesukaran dalam menerapkan · hukum-hukum Islam.
"Sa:ya · berpendapat bahwa hukum harus dipertim
bangkan dengan baik, disesuaikan agar ia menjadi
adil." adil" kata wanita itu.
Gorji memberi contoh sebuah masalah yang harus
dipertimbangkan dengan baik. Misalnya "seorang wa
nita tak dapat mempercayakan penjagaan anaknya
pada si bekas suami, maka sebuah jalan keluar harus
diambil. Dalam perceraian seorang wanita dapat
rriemelihara anak ·mereka selama 2 tahun, dan selama
itu sfayah harus memberi nafkah. Bukan saja kepada si
anakle.tap{ juga kepada bekas istlinya. sesudah itu baru
diputtistan siapa yang berhak menjaga si anak. ,Kalau
mereka· setuju, pemutusan dapat diundur_kan 7 tahm,
lagi. Tapi mungkin saja terjadi jalan buntu sesudah hal
itu dilakukan ....... "
f . Emansipasi Menurut Islam
Menurut Gorji, Islam "memberi hak yang sama
bagi wanita dan pria dalam arti hak-hak yang dibutuh
kan adalah sesuai dengan keadaan · kodrat masing
masing. Bukan berarti diberi haksama padahal kondisi
kejenisan berbeda. Bila kau perhatikan, keadaan fisik
dan komposisi mental wanitalebih emosional. Sedang
kan laki-laki lebih kasar, keras dan lebih memper
hitungkan seluruh tindakan mereka."
Hal ini kalau menurut Gorji merupakan sebaonya
mereka memiliki kebutuhan yang tidak sama dan
oleh _ kare11anya masing-masing harus mendapatkan
hak-hak yang sesuai dengan keadaan kodrati mereka
itu.
,. . ..
namun -Gorji lupa bahwa dalam Islam, laki-laki
dapat beristri 4 orang sedang wanita tak diboleh
kan berpoligami.
Gorji menjawab: "lelaki sekarang tidak mempu
nyai kesanggupan untuk beristri 4. Begitu kawin laki
laki langsung tak mengacuhkan istri tertua."
Islam mengajukan syarat-syarat yang berat, tapi
laki -laki pandai membelokkannya demi kepuasan sek
sualnya. Padahal tujuan poligami "dapat mencegah
timbulnya pelacuran dan ini hanya dapat berhasil bila
wanita dan pria sama-sama menerimanya," demikian
Gorji. Ia melanjutkan bahwa bila wanita menerima
dimadu, itu harus dilakukan dengan tujuan mencegah
pelacuran. Di Barat, laki-laki berhak memiliki banyak:
kekasih namun tak boleh mengawini lebih satu perem-
puan ....... Dalam Islam, lelaki dipaksa untuk menerima "kekasih-kekasih" itu secara legal.
namun Gorji percaya bahwa "bila wanita menjadi
bebas (secara ekonomi) mereka akan tidak mau meru
sakkan rumah tangga wanita lain." Keistimewaan-ke
istimewaan harus diberikan pada wanita seperti kea
daan sebagai berikut: saat mereka mengandung, ke
tika bayi mereka masih kecil dan saat menjadi janda. Dan "posisi wanita sesudah revolusi adalah penting
sekali sehab mereka memainkan peranar.. p<.'kok dalum
masyarakat. Menurut Qur'an kebijaksanaan dan ilmu
pengetahuan ada pada sifat-sifat wanita, sedang pria harus melaksanakannya. Misalnya, wanita meren
canakan gedung sedang laki-laki membangunnya," kata Gorji lebih lanjut. · ·
· Pendapat-pendapat Gorji tadi tidaklah mewakili pendapat seluruh wanita Islam yang patuh pada aga
manya dan . melihat segala sesuatunya berdasarkan
hukum-hukum islam. Bahkan Bani Sadr, seorang laki
la!d mengritik pendapat Gorji, terutama yang mengenai peranan wanita lebih penting di keluarga di ban-
dingkan di masyarakat. Ny. Daneshvar sendiri menganggap pikiran-
- pikiran Gorji amat terbatas pada kerangka. Islam be
laka meskipun ia mengakui bahwa Ny. Gorji terdidik
baik dan pandai. Daneshvar menganggap secara
umum, pendapat-pendapat Gorji tidaklah akan mem
bawa kemajuan-kemajuaii bagi wanita Iran, bahkan
kemunduran.
Yang paling penting bagi Daneshvar sekarang: "da
lam sebuah masyarakat yang berdemokrasi, wanita
wanita harus bebas bekerja seperti ia juga harus bebas
aktif dalam politik dan suatu hal yang paling penting
Iagi ialah bahwa mereka harus mengajari wanita-
wanita lain membaca dan menulis:"
Salah satu duri bagi wanita-wanita progresif Iran
adalah adanyasigheh yaitu perkawinan sementara.Sig
heh memungkinkan lel&ki dan wanita hidup bersama
seperti suami-istri. Sigheh dibuat bila laki-Jaki dan
wanita sebab keadaan mereka (sekolah, bekerja dan
Iain-fain) tidak mau kawin.
Sebetulnya ini hal yang 'maju', scperti cti Eropa
orang laki dan wanita dapat tinggal sama-sama tanpa
kawin. Tapi banyak laki-laki Iran yang suctah kawin
memakai juga kesempatan Sigheh itu .
Revolusi Iran memberi petunjuk bahwa kita se
dang inenyaksikan sebuah kebangkitan kembali Islam,
agam& yang dianut oleh 800 sampai dengan 900 juta
jiwa, nomor dua di dunia sesudah agama Kristen yang
dianut oleh 950 sampai dengan 1 milyar penganut. Ke
bangkitan kembali ini menantang bentuk kapitalisme
da!l marxisme yang selama ini menjadi model bagi
negeri-negeri berkembang di dunia.
Apa arti revolusi Iran?
Ia merupakan seb1.1ah struktur yang ruwet dan ha
rus dianalisa lebih lanjut dari berbagai sudut secara
mendalam: sejarah, kebudayaan, falsafah dan agama
Islam, terutama keistimewaan aliran Shi'ah. Mence
maskan sekali bahwa sebagian besar orang menulis
tentang "misteri" Ayatollah Khomeini sebagai raksasa
yang kejam dan menakutkan, tanpa rnenyinggung dan
mempelajari apa itu agama Islam dan apa keistime
waan ·agama Islam aliran Shi'ah seperti yang dianut
oleh sebagian besar orang Iran. Kita perlu tahu pada
tradisinya menentang penguasa yang lalim, pada se
ruan pembcbasannya serta pada tradisi keberanian
nya untuk berkorban, dianiaya dan menjumpai maut.
Sering sekali Islam dianggap sesuatu yang bulat,
sederhana sekali dan serupa di mana .i:>un saja.
Padahal Islam merupakan sesuatu yang beragem
dan ajarannya sering ditafsirkali berbeda-beda menu-
rut keadaan geografi maupun kebudayaan rakyat se
tempat yang memeluk:nya. Islam, seperti halnya agama
Kristen, juga terpecah dalam berbagai aliran dan pi
kiran yang sering bertentangan satu sama lainnya. Mi
salkan: aliran rasionalis Mutazilist, aliran kerakyatan
Ismaili, aliran kebatinan Persia di abad ke-X, pemba
ruan Mesir di awal abad ke-XX, aliran revolusioner
Abu Dar Al Ghifari, dan aliran modernist (Syria) Al
Kamakili. · ·
Islam tersebar di 5 benua, bahkan di negeri-negeri
komunis. Berikut ini dikutip jumlah pengikut Islam di
beberapa negara di dunia: Yugoslavia (4 juta), Bulgaria
(1,3 juta), URSS (50 juta), Polandia (661.000), RRC (20
juta), Kenya (6,6 juta), Tanzania (9,3 juta), Uganda (3,8
juta). Inggris (1 jc.ta), Prancis (2 juta), RFJ (1,5 juta), AS
(3,1 juta), Argentina (486.000), Guyana (114.000), Austra
lia (132.000), India (75 juta), Indonesia (1.20 juta), dan
seterusnya. Makin lama jumlah pengikutnya makin
bertambah. N egeri-negeri Islam di Timur Tengah yang
memiliki minyak melibat bahwa peranan mereka di
p.unia · internasional makin bertambah penting.
Negeri-negeri Barat sekarang hormat pada Islam den
tidak lagi seperti dulu: angkuh.
. . .
Tidak hanya negeri-negeri Barat yang harus
berhati-hati namun URSS juga, sebab ia memiliki 50
juta penduduk beragama Islam yang bertempat tinggal
berbatasan dengan negeri-negeri Islam seperti Turki.
Iran, Afghanistan dan lafn-lain. "Di Moskow saat ini
orang berebut untuk me.mbeli Qur'an," demikian katd
seorang wartawan yang barn pulang dari sana, di Te
heran.
a. Sering salah dimengerti
Menurut Helen d'Encausse, dalam bukunya yang
menjadi best seller di Prancis, "liJmpire Eclate (tahun 1979,
Paris) di tahun 2.000 nanti penduduk Rusia yang ber
agama Islam akan menjadi mayoritas dan itu akan da-
pat membuat Uni Soviet pecah dari dalam. Perlu di
tambahkan bahwa negara-negara bagian yang . ber
agama Islam di Rusia memiliki minyak dalam bumi
nya.
Di Yugoslavia dalam 10 tahun terakhir ini tak ku
rang dari 200 mesjid baru dibuat. Dan sebuah Fakultas
Theologi Islam didirikan di Sarajevo di tahun 1008.
Setiap pekan tak kurang dari 150.000 kanak-kanak dan
remaja belajar mengaji. Di Indonesia sendiri, jumlah
mesjid yang hanya 450 buah di tahun 1965 telah men- -
jadi 4.000 buah dengan musholla.h-mushollah-nya di
tahun 1009. Dihitung-hitung, tak kurang dari 28 negara
di dunia yang Islam mayoritas penduduknya. Artinya
satu dari 6 orang adalah Islam. Islam memberi alterna
tif lain daripada model pembangunan kapitalis mau
pun komunis.
Tapi betulkah hanya agama Islam sendiri yang
berkembang saat ini di dunia?
Agaknya seluruh agama, meskipun kepesatan dan
besar-kecil kemajuannya adalah relatif. Luapan manu
sia yang mengelu-elukan Paus Yohannes Paulus II ke
tika ia mengunjungi Meksiko, AS dan Polandia bukan-
* kah menjadi tanda?
Di Israel, ratusan ribu pemuda-pemudi yang dulu
mertganggap diri mereka Atheis kini mempelajari
· agama :Yahudi. Di Guyana ratusan pengikut sekte Ame
rika tahun 1009 telah memilih kematian dibaudingkan
kembali ke masyarakat materialisme Amerika. Di Je-
pange partai Komeito y&ng bersumberkan sebuah sekte
agama muncul kembali dan kuat di arena poJitik.
Semua data yang menggambarkan kembalinya
manusia ke kespiritualan itu membuat kita ma kin ber
tanya pada diri sendiri : apa arti itu semua, yang keliha
tannya anti rasionalisme dan tak sesuai dengan logika?
Baik komunis maupun rasionalis-kapitalis telah tidak
dapat rnembunuh agarna. Lenin dan Stalin salah. Makin
lama agama makin be-rkembang meskipun mereka di-
gencet terns.
Bangkitnya Islam, munculnya tokoh-tokoh Khadafi e·
dan Ayatollah Khomeini khususnya oleh orang-orang :
Barat sering ditafsirkan sebagai ancaman bagi per
adaban manusia, pada peradaban Barat.
Agama nomor dua di dunia ini sering sekali salah .
dimengertikan. Dapat juga dimengerti kekuatiran
mereka, sebab selama bertahun-tahun kebudayaan
Barat telah menguasai dunia: Coca Cola dijual di mana
pun, dari Teheran hingga Peking.
b. Hanya Bagian yang Anekdotis
Selama irj banyak pers - yang tidak serius - yang
memberitakan pemimpin-pemimpin Islam seperti
Khadafi dan Khomeini dari segi-segi yang anekdotis
saja. Segi-segi -yang laku dijual pada pembaca yang
senang dengan hal-hal yang lucu dipandang dari sudut
kebudayaannya, yang tidak memiliki kode yang
sama dengan kebudayaan orang yang rlitertawakannya.
Memang setiap agama adalah ethnocentri.s, namun hal itu
dapat dikurangi bila agama-agama lain dapat dime
ngerti.
Tokoh-tokoh seperti Ayatollah Khomeini tidaklah
muncul begitu saja.
Juga negeri-:negeri Barat tidaklah dapat mengata
kan bahwa mereka tak bersalah atas terjadinya kedik
tatoran Shah yang kejam. Seperti juga Shah tidak
dapat mengatakan dirinya tak bers&lah sehingga mun
cul tokoh seperti Ayatollah Khomeini, pembebas Ira'l
bagi rakylltnya namun dibenci oleh dunia Baral Keben
cian itu timbul dari salah pengertian mereka tentang
dunia Islam. Bukankah di AS tak ada seorang pu11yang
ahli Iran?
Kebangkitan Islam di Iran sering ditafsirkan juga
sebagai bangkitnya kembali dunia ke-3 yang menuntut
dibuatnya sebuah "orde baru ekonomi internasional",
di mana keadilan ekonomi diharapkan dapat dicipt:\
kan melalui dialog antar negara. Dominasi kapitalisme
dan komunisme saat ini ditantang. Ini biasa disebue
dalam istilah yang lebih modern dengan "neo kapita
lisme" dan "neo stalinisme".
Terlalu gegabah mengatakan bahwa bangkitnya
negara-negara Islam adalah merupakan bangkitnya
dunia ketiga. Tapi kejadian-kejadian belakangan ini
menunjukkan bahwa pemberontakan dunia ketiga di
negara-negara yang beragama Islam memiliki keis
timewaan sendiri. Misalnya di Filipina, di mana kaum
Islam .!\f oro mendapat tentangan keras dari Marcos; di
Iran: di Libia: di Pakistan di mana Jenderal Zia meng
umumkan - 10 Februari 1e9. tepat hari menangnya
revolusi Iran - dipakainya Qur'an dan Hadist sebagai
sumber hukum negara: di mana orang-orang Islam di
Afghanistan menemskan pemberontakan mereka ter
hadap rezim pro komunis, dan di Palestina di mana
Yaser Arafat beserta serdadu-serdadunya menembak
ke udara sebagai tanda suka cita atas menangnya revo
lusi Iran.
Dunia ketiga menganggap Islam sebagai sebuah
ideologi yang kuat dan revolusioner dalam perjuangan
kemerdekaan nasional. Di dalamnya ada ajaran
ajaran yang dianggar, dapat niembebaskan manusia
dari penindasan. Yang jelas, setiap hari sebanyak 5
kali, jutaan orang yang datang dari negara-negara yang
berbeda menempatkan posisi mereka ke arah yang
sama: ke arah Ka'bah c!i Mekah samuil mengucapkan
"tiada TUhan mel,ainkan Allah dan .Muhammad adalah
Nabi-Nya. "
Setahun sesudah menangnya Khomeini, tidak terli
hat adanya usaha musuh-rnusuhnya untuk menum
bangkannya, baik oleh bekas Shah maupun bekas Per
dana Menteri Shapur Baktiar. namun keinginan untuk
menghancurkan Republik Islam Iran tentu saja tetap
ada.l
Seperti diketahui, Baktiar seteiah mellhat pem
berontakan rakyat secara total mampu mengakibatkan
:robohnya benteng terakhir rezim kerajaan, lalu kabur
ke luar negeri pada tanggal 11 Februari 1979. W:iktu itu
tersiar J;>erbagai kabar yang bertentangan satu sama
lainnya: ada yang mengatakan ia terbunuh, ia tertang
kap di Iran atau i:.t mela..-ikan diri dan menetap· di Ing
gris.
Yang benar', ia kini tinggal di eebuah rumah di luar
Paris. Seperti diketahui; pufranya tinggal di Prancis.
Istri bekas Perdana Menteri Baktiar adalah seorang
wanita Prancis.
Tanya: Apa yang telah dilakukan . oleh Khomeini
selamir 12 bulan berkuasa?
Jawab: Ia mtnghancurkan seluruh ikatan kenega
raan Iran. Seluruh provinsi berontak. Kurdistan, Azar
baijan, Khuzistan dan Baluchistan mencoba memisah
kan diri. Ia mengasingkan Iran di dunia internasional._
1. Thierry Desjardirs, dalam Le Figaro, 8 Februari 1000.
423
Di mata dunia, Khomeini lebih buruk dari Khadafi-nya
Libia. Khomeini telah mengotorkan wajah Iran di du
nia internasional.
Di bidang ekonomi, keadaan Iran amat menyedih
kan. Industri hanya berfungsi 25%. Buruh dibayar ka
rena masih ada uang minyak. Mereka dibayar meski
'pun tak berbuat apa-apa. Hanya untuk mengambil hati
mereka dan juga sebab pabrik-pabrik tak bekerja a lei-
. bat bahan-bahan mentah dan kesempatan kcrja tak
ada. Hal ini tak akan dapat berlangsung lama.
Dalam suasana semacam itu sulit dibayangkan
b:igaimana orang dapat melancarkan lagi ekonomi.
Terlebih lagi sebab diketahui seluruh kader telah
melarikan diri untuk menghindarkan diktator dan ke
kacauan.
Tapi situasi politiklah yang paling parah: Tidak
ada kebebasan! Seperti di zaman Shah saja. Untuk
berbuat apa saja orang hahts mendapat izin dari para mollah. Polisi rahasia yang kejam SAV AK telah digan
tikan dengan polisi rahasia yang lebih kejam lagi.
SAV AMAH, milik Khomeini.
Tanya : Menurut Tuan, ada berapa tahanan politik
di Iran ·sekarang:
Jawab : Saya tak tahu j umlah yang tepat. Tak seo
rang pun tahu. Tapi paling sedikit ada seribu kali lebih
_ banyak dibandingkan tahun lalu pada saat yang sama.
Di bawah Penguasaan saya hanya ada enam orang
tahanan politik.
Tanya : Apakah menurut Tuan kekacauan sekarang
ini dapat hilang sesudah dipilihnya seorang Presiden,
sebuah Parlemen dan terbentuknya sebuah Pemerin
tah?
Jawab : Semua itu tak ada gunanya. Konstitusi baru
itu memberi seluruh kekuatan pada Khomeini. Dia
dapat berbuat apa saja, termasuk menggulingkan Pre
siden Iran, Bani Sadr, yang saya kenal. Bani Sadr seo
rang yang buruk. Ia berbahaya sebab ia memiliki ide-
ide yang gila.
sebab sistem Penguasaan adalah jelek, maka ia
takkan dapat berfungsi. Meskipun untuk menjalankan
sistem itu Khomeini melakukan teror dengan jalan
menangkap dan membunuh siapa saja, atau meskipun
untuk menyembunyikan kegagalannya ia membakar
hati masyarakal Misalnya perbuatan biadab pendudu
kan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Teheran.
Tanya : Apa sikap 'flJan menghadapi hal itu?
Jawab : Sebuah skandal besar yang . memalukan
negeri ·saya yang dulu memiliki peradaban tinggi.
Tuhan tahu bahwa Amerika Serikat telah melakukan
kesalahan dan krimir.ilitas di Iran deugan mendukung
rezim Shah. Tapi mestinya (Khomeini) melakukan hal
yang seperti kami lakukan di bawah Mossadeq, me
lawan orang lnggris. Kedutaan Besar itu harus ditutup
dan diplomat-diplomatnya diusir. Ja<li: Tidak holeh
bertindak seperti orang biadab.
Tidak, Khomeini telah gaga} sama sekali dan itu
wajar. Pertama, dia tak mengerti apa-apa. Ia tak tahu
membaca peta ilmu humi. Ia tak pernah membuka se
buah buku tentang ilmu ekonomi. la tak memiliki
kebudayaan politik Terlebih lagi, ia adalah diktat01·
sejak lahir. la keras kepala, angkuh dirinya.
Khomeini menganggap bahwa 98% rakyat berdiri
di belakangnya. namun bagaimana me:ijelaskan perco
baan pembunuhan, pemberontakan di provinsi
provinsi, timbulnya oposisi yang makin besar dan yang
saya sambut, orang-orang laki, wanita yang datang dan
yang bekerja secara sukare!a dengan saya? Khomeini
mengatakan bahwa mereka itu kontra-revolusioner.
Apa mak.sudnya?
Stalin juga 1aengatakan hal yang sama untuk mem
bersihkan diri dari pembunuhan-pembunuhan yang
dilakukannya. Tidak! Setahun yang Jalu Iran adalah
sel°'uah r.egara di ma11a seluruh kemungkinan berada
dan dapat dilakukan. Kini S'3luruhnya tamat. Habis.
Khomeini akan lebih baik tinggal di Neauphle le Cha-
teau.
Tanya : Sejak satu tahun Tuan me.:-upakan simbol
organis13si liberal menentang golongan teologi Kho
meini, apa yang telah Tuan lakukan?
Jawab : Setiap hari saya bekerja membentuk opo
sisi yang sebentar lagi akan berbentuk kelompok pe
nentang besar. Saya persatukan mereka yang telah ke
hilangan ilusi mereka pada revolusi ini, seperti halnya
mereka yang tak pernah punya ilusi.
Saya kumpulkan orang-orang sipil dan militer, baik
dari Teheran maupun dari provinsi-provinsi. Saya
mempersiapkan masa depan. Sebuah rr,asa depan yang
mendekat dengan langkah-langkah raksasa, berkat
Khomeini sendiri, berkat kesalahan dan kejahatan-
kejahatannya.
Tanya : Apakah Tuan memiliki kontak dengan
si.sa-sisa pasukan Iran?
Jawab : Tentu saja. pasukan adalah merupakan sa
lah satu kelompok kekuasaan yang paling menderita
oleh Khomeini. Ia menghancurkannya dengan cara
memecah belah. Di samping itu ia ingin mengirimkan
mereka berperang di Azarbaijan atau pun di Kurdis
tan.
Tanya : Banyak orang yang membicarakan Jende
ral Jam, bekas KSAB yang sejak bertah u n-tah u n ti nggal
di London dan yang Tuan idamkan menjadi Menteri
Peperangan ?
Jawab : Jenderal Jam adalah seorang teman. Seo
rang yang dihormati.
Tanya : Banyak yang menuduh bahwa Tuan mem
punyai hubungan dengan Shah!
Jawab : Hal itu sama sekali tidak benar dan tak
beralasan. Keluarga Shah mencoba membuat oposisi
dengan membiayai bekas-bekas menteri yang telah ter
libat dalam skandal-skandal di rezim Shah. Mana
mungkin orang-orang Iran mengikuti mereka. Saya
mengumpulkan seluruh oposisi liberal yang benar-
benar demokrat.
Kami bekerja dengan jangka panjang. Saya kirim
kar. ke Iran brosur-brosur, teks-teks, kaset-kaset. Saya
telah mengirimkan enam buah kaset pada rakyat Iran.
Yang terakhir saya kirimkan khusus bagi pasukan: Se
buah panggifan untuk memberontak. ':'entara tidak
mungkin menuruti perintah sebuah Penguasaan
yang tak ada. Sebelumnya saya mengirim pesan bagi
selurnh rakyat Azarbaijan. Saya siapkan kaset-kaset
lainnya. Dengan cara ini maka perlawanan yang se
sungguhnya sudah dimulai.
Tanya : Apakah banyak yang menanggapi pesan-
pesan Tuan?
Jawab : Ya. Saya menerima jawaban, kunjungan
dan telepon. Saya tahu banyak penvira . militer yang
menangis saat mendengarlren kaset saya. Dari
mana-mana orang mengunjungi saya dan laporan
laporan datang dari selurnh penjurn Iran.
Tanya : Apakah rencana-rencana Tuan?
Jawab : Harns tunggu Khomeini. Khomeini adalah
seperti pembawa bencana, penghancur, mengerikan
bagi negeri saya, tapi itu akan berlalu. Akibatnya berat,
namun akan berakhir di suatu hati. Saya, seperti halnya
banyak orang Iran, menunggu hari itu.
Sebetulnya, saya memiliki sebuah impian: saya
ingin agar Khomeini hidup terns sampai kepulangan
saya ke Iran. Lalu saya majukan ia ke pengadilan, yang
kali ini akan legal. Ia harus menjawab selurnh kcja
hatan yang dilakukannya selama beberapa bulan.
Alangkah indahnya proses itu nanti!
Salah satu harapan yang kandas telah terjadi. Ko
misi 5 PBB untuk mengusut sehab-sebab kemelut Iran-Arnerika Serikat selama setengah bufan berada di
Iran meninggalkan Iran tanggal 11 Maret 1980.
Komisi ini beranggotakan Mohamad Bed
jauoi dari Aljazair, Louis Edmond Petitti qari Prancis,
Andreas Aguilan dari Venezuela, Hector Wilfred
Jayewardene dari Srilangka dan Adib Daudy dari Su
riah.
Togas Komisi 5 yang dibentuk oleh Sekt-etaris Jen
deral PBB, Kart Waldheim, tidak ada kejela3an
sikap. Menurut versi Amtrika Serikat, Komisi 5 "tidak
merupakan sebuah tribunal. fa harus mendengarkan pendapat kedua negara sebelum membuat laporan
bagi PBB." Amerika Serikat tidak ingin Komisi 5 menginterogasi tawanan Amerika:; tapi mereka diinginkan
mengunjungi tawanan agar dapat menjenguk keadaan fisik dan moral mereka selama 5 bulan penyanderaan.
Krisis Iran-Amerika tak akan berakhir sebelum para
sandera dilepaskan.
Bagi Presiden Iran, Ba11i Sadr, "Komisi haru.s mempelajari se!uruh turut campurnya Amerika Seri
kat dalam segala urusan negeri Iran selama zaman
Shah. Komisi juga hams mengusut seluruh kejahatan yang dilakukan oleh rezim Shah."
Kurt Waldheim, yang missinya telah gagal dan ka-
renanya merasa dihina, dalam kunjungannya ke Te
heran awal Januari 1980 memiliki pendapat lain.
Yaitu bahwa Komisi 5 ke Teheran adalah untuk men
dengarkan keluhan Iran dan untuk mencari jalan ke
luar dari krisis, secepat-cepatnya.
Dalam kunjungannya, anggota Komisi 5 yang be
kerja dengan suara bulat itu seharusnya mendapat
kesempatan untuk menjenguk para tahanan.
Pada tanggal ts Maret, kelihatannya para maha
siswa menyerah dan siap memberi tahanan kepada
Dewan Revolusi. Ternyata mereka berbalik arah sete
lah 2 hari kemudian Ayatollah Khomeini melalui
anaknya menyampaikan lewat radio bahwa ia tidak
menyetujui pemindahan tawanan dari mahasiswa ke
pada Dewan Revclusi.
Berbagai dokumen dipaparkan. Yangterberat ada
lah yang menuduh orang-orang terkemuka Amerika
Serikat seperti bekas Presiden Ford, Henry Kissinger,
Davjd Rockefe!ler dan bekas Wakil Presiden Spiro
Agnew sebagai orang-orang yang te!ah makan suap dari
Penguasa Shah. Dokumen-dokumen itu sendiri telah
dipersiapkan oleh Gubernur Bank Sentral Iran, Ali
Reza Nobari.
Anggota Komisi 5 juga telah melihat dengan mata
kepala sendiri tempat-tempat penyiksaan di penjara
penjara Shah. Para ko::rban telah diberi kesempatan
untuk menyampaikan keluhan-keluhan dan menyeri
takan penderitaan-penderitaen mereka di zaman Shah.
sesudah 17 hari di Teheran dan pada akhirnya gaga!
menemui para sandera, anggota Komisi 5 meninggel-
kan Teheran.
Bagi Bani Sadr, kegagalan Komisi 5 itu ada!ah
merupakan kegagalan bagi Iran. Katanya; "Bagi saya
penahanan sandera-sandera Ame!"ika bukan merupa
kan suatu kemajuan buat Iran. Jelas ini menunjukkan
kelemahan sebab ia telah merintangi kita untuk ber
tindak di tingkatan internasional dan juga mencipta
kan suatu politik bebas nasional dengan Eropa serta
dengan negara-negara lain di dunia yang tidak dipe
ngaruhi oleh negara-negara besar."
Bani Sadr berharap agar Komisi 5 akan kembali
lagi meneruskan tugas mereka di Iran. Tugas Komh;i 5
gagal; itu diakui oleh semua orang. namun itu bukan
berarti bahwa semua jalan telah tertutup. Salah seo
rang anggota Komisi, Pettiti, mengatakan di Paris
bahwa kegagalan Komisi 5 tugasnya "tidaklah berarti
putus arang.'' Menurut dia, ada 2 hal positif yang di
buahkan oleh Komisi 5: mereka berhasil memberi
gambaran yang lebih baik tentang PBB pada rakyat
Iran.- Selain itu· mereka berhasil memberi peng
awasan kesehatan lebih baik bagi para tawanan.
Masalah sandera terus menjadi topik internasio
nal yang terhangat Amerika Serikat berhasil meya
kinkan negeri-negeri Eropa Barat untuk mendukung
aksinya secara tuntas. Maka sesudah beruuding .se
lama 2 hari yang juga dihadiri pihak Jepang, tanggal
22 April 1980 Masyarakat EkonomiEropa meagancam
Iran agar membebaskan sandera sebelum 17 Mei 1000.
Bila tidak, beberapa buah sanksi akan dilakuican
terhadap Iran: penghentiara penjualan senjata ke Iran
den boikot terhadap minyak Iran. Mereka juga ingin
agar jumlah diplomat Iran dan MEE dikurangi jum
lahnya. Sampai hari ini impor minyak dari Iran oleh
Masyarakat Ekonomi Eropa adalah 650.000 barel per
hari dan oleh Jepang sebesar 530.000 barel per hari.
Sebelum memboikot pada tanggal 21 November 1979,
impor minyak Amerika dari negeri itu tidak kurang
dari satu juta barel per hari.
Rupanya negara-negara Eropa Barat dan Jepang
yang hari ini memiliki cadangan 500 juta bare!
minyak (sama den.gan jumlah impor 18 bular. da1i I
ran) merasa cukup lapang.Amerika Serikat juga ber
janji untuk mensuplai mereka saat terjadi keku
rengan.
Iran langsung membalas tekanan E:ropa Ba rat itu
dengan memindahkan selurnh petro-dollarnya ydng
berada di sana, ke negeri netral Swiss dan Austria.
Mereka tidak ingin pengalaman pahit bulan Novem-
. ber H179 terulang, di mana Amerika Serikat membe
kukan 8 milyar dollar milik Iran yang disimpan di
bank-bank di Amerika maupun pada cabang
cabangnya di seluruh dunia.
Dengan Irak terjadi kerusuhan. Pertempuran ke-"
cil terjadi di perbatasan di Qasr E Shirin antara pasu
kan kedua negara itu. Irak mengancam akan menye
rang Iran:. Irak juga menuntut agar ketiga pulau di
dekat Selat Hormoz yang dirampas Shah di tahun 1971
dikembalikan pada mereka. Khomeini menganjurkan
rakyat Irak agar berontak melawan Presiden Saddam
Husin dan Partai Baat, sehingga mereka "terlempar
ke tempat sampah sejarah seperti halnya rezim
Shah."
Amerika Serikat memutuskan hubur..gan diplo
matiknya dengan Iran, tanggal 8 April 1980. Ini lang
kah pertama "untuk menyelesaikan masalah sande
ra." Carter menyatakan bahwa langkah-langkah lain
sedang dipersiapkan seandainya sebuah jalan keluar
tak ditemukan. Seluruh diplomat Iran diusir,.kecuali
mereka yang bekerja di PBB.
Langkah lain yang dimaksud Carter itu ternyata
berbentuk sebnah operasi militer. Opera&i itu gagal,
padahal sudah lama dipersiapkan dengan seksama,
sebab "kesalahan teknis". Carter mengumumkan
pada tanggal 25 April kegagalan operasi itu sambil i a
mengakui bahwa menjadi penariggung jawab semua . itu.
Menurut versi Amerika Serikat, sebuah helikop
ter dan sebuah pesawat Hercules C-130 Amerika ber
tabrakan di atas Gurun Pasir Dasht-E-Kavir. Di dalam
kedua pesawat itu ada anggota ·komando Ame
rika Serikat yang ditugaskan untuk membebaskan
tawanan. Mercka semua mati.
Versi Iran mengatakan bahwa kedua pesawat itu
lari sesudah dikejar Angkatan U dara Iran.
Amerika Serikat · :tnenernpatkan Tl kapal perang
termasuk_2 kapal indnk yang berisikan 150 pesawat
tempur, beberapa helikopteraan f500 marinir, di se
kitar Teluk Persia. Uni Sovyet menempatkan ke
kuatan yang seimbang di kawasan ini . Kedua
negara itu berjaga-jaga.
Ada yang mengatakan bahwa serangan Amerika
itu dimulai dari Mesir. Presiden Sadat yang kini men
jadi tuan rumah Shah Iran sejak kepergiannya dari
Panama, beberapa bulan yang lalu, dalam sebuah
wawancaranya denganmajalahMesir,Oktober,menga
takan dukungannya terhadap sebuah serangan mili
ter Amerika di Iran. Tent.ara Mesir juga telab meng
adakan latihan militer bersama dengan pasukan Ame
rika dengan tujuan mengenal medan seandainya pe
cah sebuah konflik tP.rbuka. Versi lain mengatakan
bahwa serangan AmeriY.a itu berasal dari Pakistan.
Beberapa skenario memang tersusun untuk
membebaskan sandera: dengan cara inflltrasi lang
sung seperti yang dilakukan oleh komando Israel di
Entebbe. Tapi ahli-ahli Jerman Barat meragukan
keampuhan tindakan ini. Ada perbedaan medan yang
besar antara Entebbe dan Teheran. Kesukaran yang
terbesar adalah saat sandera berhasil dibebaskan
belum tentu pasukan kom.ando itu dapat meninggal
kan kota, 'feheran yang secara stratcgis mud .. h dik"lla
sai oleh pasukan Iran.
Seorang agen CIA, Miles Copeland, menganjur
kan agar sepasukan komando yang menyamar bagai
kan Pasdaran bikin kerusuhan di Gedung Kedutaan.
sesudah terjadi kekacauan .mereka akan masuk dan
membebaskan sandera. Dengan gas air mat.a, massa
atau pasukan yang datang akan dihalau. Taha nan akan
dibawa ke dalam tiga buah helikopter "Chinook" yang
dicat seperti kei)unyaan Angkatan Udara Iran. Di
:;uatu tempat, tawanan dipindahkan ke sebuah pesa
wat yang lebih besar. Di sini diperlukan kerjasama
dengan orang-orang Iran sendiri.
Sekutu-sekutu Amerika Serikat yane bergabung
dalam Pakta Atlantik (NATO) saina sekali tidak me
ngetahuirencanaAmerika yang gaga I itu.M<:!reka baru
tahu sesudah pengumuman Carter-tariggal 25April itu.
Konflik Iran - Amerika Serikat makin lama ma-
kin menjadi konflik internasional yang membengkak.
Iran menghadapi Amerika Serikat,. sebuah super e
wer, yang didukung oleh sekutu-sekutunya.
Tindakan terakhir carter menimbulkan sebuah
situasi baru di Iran. Rakyat Iran bersorak atas kega
galan komando Amerika itu. namun dapatkah mereka
berdiri sendiri?
Sebuah penyerbuan militer besar-besaran oleh
Amerika Serikat akan memancir1,; kedatangan pasukan
Uni Soviet Bila dulu hanya di perbatasan Utara maka
kini di perbatasan dengan Afghanistan pun sudah
ada pasukan Uni Soviet Dalam sejarah Iran ne
geri ini terbukti beberapa kali men.galami penjajahan
pasukan asing.
Uni Sov_iet jelas tidak mengingini Revolusi Islam
Iran berhasil. Ini dapat memancing revolusi di negeri
itu sendiri. Sebuah sosialisme Islam Iran, di mana
hubungan aniara komunitas etnis sejajar dan seting
kat dan bukan lagi sebagai "penjajah" dengan "yang
terjajah". Hal itu akan dapat menjadi model baru da
lam hubungan antar etnis di suatu negara, seperti di
Rusia, n1ic:alkan.
Iran mencoba berdiri di atas kakinya sendiri.
Untuk itu ia harus bertempur, atau mempertahankan
diri dari dua superpower:-, Amerika Serikat da.n Uni
Soviet Dapatkah? Itu sebuah tantangan.
Revolusilrantelahsamasekalimengubahstruktur
lama. Persoalan luar negeri · bukan "satu-satunya"
masalah yang besar. Di dalam negeri Iran· sendiri
banyak api dalam sekam. Misalnya pertentangan an
tara mahasiswa radikal kiri dan kanan yang memakan
korban di pertengahan bulan April 1980; orang-orang
Kurdistan yang tetap rigotot minta otonomi mereka;
masahth wanita yang merasa belum mendapatkan
· kebebasan; masalah minoritas agama; masalah pe-
nyelesaian sandera yang tidak mendapatkan kesepa
katan antara Bani Sadr dengan Ayatolah Khomeini
dan para mahasiswa pendukungnya; dan seterusnya,
dan seterusnya.
Maka nyatalah: seluk-beluk dan kelanjutan Revo
lusi Islam Iransemakin menarik untuk diperhatikan
oleh siapa saja pun, di seluruh dunia ini.
1892 - Rakyat Iran berontak di bawah pimpinan
Ayatolah Shirazi menentang mouopoli per
dagangan tembakau oleh Inggris.
1901, 28 Mei - Seorang pengusaha bank Australia,
- William Knox d'Arcy mendapatkan konsesi
minyak untuk pertama kalinya di Iran dari Shah.
1907 - Rusia dan Inggeris menandatangani sebuah
perjanjian yang membagi Iran dalam dua
wilayah: Inggeris dan Rusia.
1909 - Pembentukan perusahaan The Anglo Persian
Oil Com-pany yang menguasai minyak Iran.
Tahun 1935 namanya diganti menjadi The Anglo
lmnian. Tahun 1912, Inggeris menguasai 51%
saham dari APOC. 1919, 26 Oktober - Lahirnya Mohamad Reza Pahlavi,
Shah, yang memerintah mulai tahun 1941. 1925 - Tamat riwayatnya dinasti Kajar. Reza Khan,
ayah Shah, menjadi Raja dan mendirikan dinasti
- Pahlavi. 1005 - Persia diganti menjadi Iran.
1941, 17 September-Inggeris dan Rusia menurunkan
Rt:za Khan dari takhtanya. la diasingkan ke
Afrika Sefatan. Putranya, Mohamad Pahlavi
menggantikannya.-
1946, Mei - pasukan Uni Soviet meninggalkan daerah
Utara Iran yang telah didudukinya sejak 25
Agustus 1941.
1949, 4 Februari - Percobaan pembunuhan pertama
terhadap diri Shah. Pelakunya dibunuh
ditempat
1950, 26Juni-Kepala Staf Angkatan Perang,Jenderal
Haj Ali menjadi Perdana :",lenteri.
1951, 7 Maret-Pembunuhan J·enderal Ali Razmara
di Mesjid Agung Bazaar Teheran.
1951, ·2.9 April - Dr. Mossadeq, . pemimpin Front ·
Nasional menjadt Perdana Menteri.
1951, 1 Mei - Iran menasionalisir minyak Iran.
1952, 16 Oktober - Putus hubungan diplomatik
Iran-Inggeris.
1953, 19 Agustu.s e Mossadeq digulingkan.
1959, 21 Desember-Perkawinan Shah dengan Farah
Diea. Anak yang tertua, Reza diangkat sebagai
putra mahkota.
1962---,-1967 - .Shah melaksanakan land reform yang
biasa disebutnya Revolusi Putih. Gaga!
pelaksanaannya.
1965, 26 Januari -Perdana Menteri Mansur dibunuh.
Ia digantikan oleh Hoveyda yang menjadi Per
dana Menteri selama 13 tahun. Orang ini dihu
kum mati oleh peng3d.ilan - revolusioner Kho
meini diawal 1979.
1970, Oktober - Diresmikannya sebuah saluran gas
alam terbesar di dunia-waktu itu-yang dapat
membawa 10 milyar M3 gas bumi pertahun ke Uni
Soviet
1975, 2 Mei..;_ Pembentukan part&i tunggal Rashtakiz.
1!117, 6 Agustus - Jamshid Amuzegar menggantikan
Hoveyda sebagai Perdana Menteri .
1977, 17 Agustus - Sebuah keputusan Shah melarang
para pejabat penting dan Menteri memiliki
saham di perusahaan swasta.
1977, 31 Desember -· Presiden Carter rr.enyatakan di
Teheran: "Iran. merupakan sebuah wilayah yang
paling stabil di daerah yang pali.1g rusuh ..... Tak
sebuah pun negeri di dunia yang sedekat
438
Amerika Serikat dalam . masalah keamanan
bersama ...... Tak ada seorang pemimpin negara
yang saya hargai dan menjadi teman terbesar
pribadi di dunia selain Shah Iran.
1W8, 7 Januari - Kerusuhan memakan nyawa di kota
suci Qom.
1W8, 26 Januari-300.000 orang ikut demonstrasi yang
diselenggarakan oleh partai tunggal Rasthakiz.
lWS, 18 Februari - Kerusuhan di Tabriz, Qom dan
Mashad.
lWS, 17 Maret - Kerusuhan di Teheran, Babo, Qazvin
dan Yazd.
1W8, Mei - Permulaan dari agitasi di kalangan
mahasiswa pelajar. Bazaar ditutup.
lWS, Juni-Kepala Polisi Rahasia (SAV AK),Jenderal
Nassiri, diganti oleh Jenderal Moghadam.
Jenderal Nassiri dihukum niati oleh pengadilan
revolusioner.
1:178, 22 Juli - Kerusuhan di Mashad.
1 978 , 5 A gu s t u s - S h ah m e ng u m u m kan
dilangsungkannya "pemilihan bebas rahesi a
bagi seluruh partai politik'' untuk pemilihan
umum di musim semi 1009.
1978, 10-12 Agustus - Kerusuhan di Isfahan.
Undang-Undang Bahaya (SOB} dicanangkan di
kota itu.
lWS, 19 Agustus - Pembakaran kriminil bfoskop Rex
di Abadan. Hampir 400 nyawa melayang.
- 1W8, 27 · Agustus - Perdana Menteri Amuzega:r
digantikan oleh Charif Emmami. Penanggalan
Islam diberlakukan kembali. Tempat-tempat
judi dan pijat ditutup di scluruh Iran.
1W8, 8 September - "Jumat Hitam". Ratusan
d e m o n s t r a n d i b u n u h d i T e h e r a n .
Suratkabar-suratkabar ditutup.
lWS, 30 September - Parta1 tunggal Rhastakhiz
dibubarkan.
1973, 5 Oktober - Ayatollah Khomeini tak disukai di
lrak mengungsi di Neauphle--le--Chateau, sebuah
desa sekitar 30 km dari Paris.
439
HY78, 31 Oktober - Seluruh buruh minyak mogok.
1978, 5 November - Sekali lagi kerusuhan besar di
Teheran. Bioskop, toko-toko besar, kantor-kantor
dan Kedutaan Inggeris di Teheran dibakar
kaum demonstran.
1978, 6 November - Jenderal Gholam Reza Azhari
menjadi Perdana Menteri menggantikan Charif
. Emmami.
1978, 8 November - Bekas Perdana Menteri Hoveyda
· cian belasan tokoh-tokoh penting ditangkap.
1978, 19-20 November - Kerusuhan besar di Shiraz.
1978, Desember - Seluruh universitas mogok atau
ditutup.
1978, 31 Desember - Shah rneminta Shapur Bakhtiar
menjadi Perdana Menteri.
1979, 3 Jenuari-Perdana MentP.ri Bakhtiar mendapat
persetujuan dari Parlemen dan Senat Tiga. hari
k emudian anggota -anggota Kabinet r.ya
diperkenalkan pada Shah.
1 9 7 9 , 1 1 J anuari - Pengumuman ten tang
keberangkatan Shah "untuk beberapa minggu"
dibuat oleh Menteri Luar Negeri Amerika
Serikat pada sebuah konperensi pers di
Washington.
1979, 16 Januari -- Shah bersama permaisurinya
menyingkir ke Aswan, dekat Kairo Mesir. sesudah
· itu ia pergi ke Marokko sebelum menetap di
Meksiko,
1979, 19 Januari _,.. Dernonstrasi raksasa pro Khomeini
di Teheran. Mereka meminta dibentuknya
Republik Islam Iran.
1979, 22 Januari - Kepala Staf Angkatan Perang Iran,
Jenderal Gharabagi mengumumkan: "pasukan
tak akan membuat kudeta militer":
1979, 1 Februari-Ayatollah Khomeini JJUlc1.r,g ke Iran.
1979, 5 Februari - Bazargan diangkat menjadi
Perdana Menteri. oleh Khomeini.
1979, 9-10-11 Februari.- Runtuhnya benteng terakhir
Shah Iran. ·
1979, April - K.l:tomeini menang. sesudah referendum,
440
bentuk negara Republik Islam menjadi resmi.
1979, 4 November - Penguasa Bazargan
mengundurkan diri.
1!119, 6 November-Sekelompok mahasiswa Islam (400
orang) menduduki Kedutaan Besar Amerika di
Iran dan menyandera lebih dari 50 orang yang
ada di dalamnya, termasuk para diplomat
H179, Akhir November - Shah dirawat di Amerika
Serikat sesudah itu ditolak untuk kembali ke
Meksiko. Ia menetap beberapa bulan di Panama.
Di bu!an Maret 1980 ia meminta perlindungan di
Mesir.
1!179, 2-3 Desember - Referendum Konstitusi Baru
Iran.
1000, 25 Januari - Abolhassan Bani Sadr terpilih
dengan 80 persen suara sebagai Presiden
pertama Republik Islam Iran.
1000, 14 Maret - Pemilihan gelombang pertama
anggota-anggota Parlemen Iran.
1980, Maret - Komisi 5 orang PBB gagal
menyelesaikan masalah sander-a.
1980, 8 April - Amerika memutuskan hubungan
diplomatik dengan Iran.
1000, 22 April - M_asyarakat Eko11omi Eropa dan Je
pang mengancam Iran untuk bebaskan sandera
sebelum 17 Mei 1980. Bila tidak mereka akan
membuat beberapa sanksi.
1980, 25 April - Amerika Serikat mengirimkan sepa
sukan komando untuk membebaskan sandera.
Usaha ini gagal. Kapa! terbang merer.a ber
tabrakan. Sebab-sebab kegagalan yang
sesungguhnya belum -diketah ui.
Tamara, yang baru kelas 1 SMP: "Din, jadi
lah patriot."