kerajaan di asiatenggara
By arwahx.blogspot. com at Januari 26, 2024
kerajaan di asiatenggara
ASIA TENGGARA
1. FUNAN, CENLA, ANGKOR
Kerajaan Funan diperkirakan berdiri sejak abad 1 M. sumber utama pengetahuan kita
tentang kerajaan Funan pada awal pertumbuhannya adalah berita-berita Cina.
Funan adalah pengucapan Cina untuk kata “bnam”, perkataan Khmer lama untuk kata
“Phnom” (artinya gunung). Raja-rajanya bergelar “Kurung Bnam”, artinya “raja gunung”. Gelar
“Raja Gunung” ini sama dengan gelar : Syaila raja”, yaitu gelar raja yang biasa dipakai oleh raja-
raja Pallawa Konyeveram di India Selatan dulu. Gelar raja gunung ini juga mempunyai makna
yang sama dengan gelar “Syailendra” (Syailender = raja Gunung) yang dipakai oleh raja-raja
dinasti Syailendra di Mataram. Mungkin di antara Syaila raja, raja-raja Funan dan Dinasti
Syailendra Jawa Tengah ini ada hubungannya.
Wilayah kerajaan Funan ini sekarang meliputi daerah yang luas meliputi Vietnam Selatan
(sekarang) dan Kamboja. Ibu kotanya Viyadhapura (bandar pemburu), terlatak didekat bukit Ba
Phnomp daerah Pre Veng, Kamboja. Bandar pelabuhannya adalah Oc Eo terlatak di delta Sungai
Mnkhong di pantai Teluk Siam. Tanah Melayu dan Indonesia, kemudian India, Persia bahkan
daerah Laut Tengah.
Menurut beriita Cina (yang ditulis oleh Kang Tai yang bersama datang ke sana bersama
Chu Ying pada pertengahan abad ke 3 M). pendiri kerajaan Funan adalah oerang India, yang
disebut sebagai Hunten. Ia berhasil mengalahkan penduduk setempat dan menikah dengan
ratunya beranama Liuyeh, kemudian mendirikan dinasti yang kemudian memerintah selama satu
setengah abad.. Kejadian ini mungkin terjadi pada abad pertama Masehi.
Menurut sejarah Liang, seorang dari keturuanan raja ini (Hunten) Hun Pa-huang
meninggal ketika berumur lebih dari sembilan puluh tahun dan digantikan anaknya laki-lakinya
yang kedua, bernama Pan-Pan yang menyerahkan kekuasaannya kepada seorang panglimanya
yang besar bernama Fan Shih Man (menurut sejarah Chi Selatan). Setelah “Pan-Pan memerintah
tiga tahun, kemudian meninggal dan kemudian rakyar memilih Fan Shih Man sebagai raja”.
Kejadian ini mungkin terjadi pada awal abad ke tiga .
Fan Shih Man adalah penakluk besar. Dengan angkatan perangnya yang kuat ia banyak
melakukan penaklukan daerah-daerah sekitarnnya.
Menurut berita Cina Fan Shih Man meninggal ketika mengepalai serbuan ke negeri Chin
Lin, perbatasan Emas, yang mungkin berarti sama dengan Swarnabhumi, yang dimaksud adalah
Burma Hilir atau Tanah Melayu.
Hubungan dengan Cina berlangsung baik, sampai tagun 287. Tetapi rupanya hubungan
dengan Cina tidak selalu baik, karena kemudian Fan hsun (raja FUnan 0 mengadakan perjanjian
dengan fan HSiung (raja Lin Yi) (Campa) pada tahun 370 dan bersama-sama berperang melawan
Ciao-Ci (Tongkin) selama sepuluh tahun. Buku sejarah Cina menyebutkan mengenai peristiwa
ini, bahwa Li-Yi –negara penyerang itu didirikan pada satu abad sebelumnya oleh Chu Lien,
seorang pegawai setempat, yang mengunakan kelemahan dari kerajaan Han (206 SM – 221 SM),
dengan mendirikan kerajaan sendiri pada tahun 192 SM. Orang Cina menyebutnya dengan
HIsiang Lin, merupakan daerah kecil dimana gerakan kemerdekaanberlangsung (terhadap daerah
kawasan Cina, Je-nan). Derah itu hampir sama dengan Thua-Thien di Annam, sekarang terletak
Bandar Hue.
Demikian negeri Li-Yi yang kemudian nama campa muncul dalam sejarah. Bukti-bukti
arkeologi menunjukan bahwa puisat kekuasaaanya adalah disebelah selatan dari Hue, yaitu
Quang-nam,annam sekrang. Derah ini kaya dengan hasil arkeologi seperti : tra-kieu, mison dan
Deong Duong yang menghasilkan hasil-hasil kesenian Amarawati. Tidak dijumpai bukti-bukti
tertang tradisiraja-raja Campa atau tentang keturunan pengaruh India, seperti halnya Funan.
Sampai tahun 357 tak ada berita tentang Funan. Dalam berita China pada tahun 357 ada
diberitakan tentang upeti dari raja Funan Bernama Chantan, beragama Hindu. Chantan adalah
seburtan Cina kepada gelaran Candan yaitu gelar raja-raja Kushana keturunan Kanishka, dimana
Funan pernah mengadakan hubungan dengan daerah ini pada abad 3 M.
Demikianlah dikemukakan satu teori, bahwa raja Funan itu mungkin berasal dari India
(ketuirunan Kunishka) yang lari ke FUnan karena penaklukan India urtara oleh Samuderagupta
(335-375) raja kedua dinasti Gupta. 1
Catatan diganti oleh seorang Brahmin India bernama Kiao Chen-Yu . sebutan ini
diartikan sebagai “kaudinya”. Hal ini menunjukan kembalinya unsure-unsur hindu ke dalam
pemerintahan.
Raja yang besar dalam sejarah Funan kemudian adalah KaudinnyaJayawarman yang
meninggal tahun 514. Kapan dia memerintah tidak diketahui. Pda tahun 484 jayawarman
mengirimkan utusannya ke Cina untuk meminta bantuan melawa Lin-yin. Tetapi permintaan itu
ditolak. (dari surat jayawarman itu dapat diketahui bahwa agama resmi Funan pada waktyu itu
adalah Siwaisme (dikalangan rakyat ada pula yang beragama Budha). Menurut buku sejarah
Cina selatan rang Funan itu ahli pelayaran, perompak sering merampok tetangganya. Raja
tinggal di istana yang bertingkat-tingkat, rumah orang kebanykan beratapkan bamboo,
pakaiannya adalah sehelai kain yang diikat sekelilingg pinggang, hobbinya menyambung ayam
dan mengadu babi.
Kaudinnya Jayawarman adalah raja Funan yang pertama dikenal nam aslinya. Masa
kerajaan Funan berakhir karena setelah Kaudinnya Jayawarman meninggal tahun 514, timbulah
pemberontakan dari vazal Funan, Cenla di bawah raja Citra Sena. Pada tahun 627, pada masa
Isanawarman Funan disatukan dengan Cenla.
Isanavarman mendirikan kota Isamapura dekat Kompong Thom sekarang. Disana masih
masih ada bekas-bekas yang paling menarik dari jaman pra-Angkor yang pernah dijumpai
sampai sekarang.
1 Peristiwa penaklukan ini mungkin menjadi alas an mengapa didapatnya pengaruh Pallawa yang kuat di Kamboja,
Campa dan Semenajung Melayu. Dan juga mengapa prasasti-prasasti dalam jaman itu tertulis dengan huruf
Pallawa”.
Daerah Cenla makin diperluas kearah barat laut KAmboja seperti : Cankrankapura,
Amogapura , Bhimapura. Sedangkan daerah selatannya daerahnya terbentang dari Cantabun
sampai Dvaravati. Dengan campa (Lin-Yi) dijalin persahabatan, bahkan Isanawarman
memerintah sampai tahun 635. Penggantinya adalah Bavavarman II, tidak diketahui
hubungannya dengan Isanavarman, kemudian Jayavarman I mungkin anak Bhavavarman II.
Tahun pemerintahannya berdasarkan prasasti adalah tahun 657, tetapi mungkin juga ia
memerintah sebelum itu. Ia memerintah selama selama 40 tahun. Banyak meninggalkan hasil
bengunan dan prasasti, selama pemerintahannya ditandai dengan perang penaklukan. Dia tidak
meninggalkan bakal penggantinya. Dari sebuah prasasti diketahui bahwa jandanya bernama
jayadewi menggantikannya, tetapi pada saat itu berkobar untuk membebaskan diri dari daerah
yang dikuasainya.
Pada jaman Cenla ini dibidang keagamaan patut dicatat bahwa agama budha tidak lagi
mendapat tempat yang istimewa seperti pada jaman Funan, kedudukannya digantikan oleh
agama Hindu terutama pemuja Siwa dalam bentuk Harihara (Siwa dan Wisnu dipersekutukan)
seperti biasa dilakukan di Pallawa pada sekitar tahun 450.
Kebanyakan prasasti ditulis dalam bahsa sansekerta tetapi ada juga dalam bahsa Khmer.
Bagaimanapun tampak bahwa pengaruh kebudayaan asli nampak kuat, seperti misalnya
adanyabukti dalam prasasti yang menunjukan bahwa betapa pentinggnya garis keturunan
matryiarchat. Dalam sejarah yang ada dikatakan bahwa tidak lama setelah tahun 706 pecah dua
menjadi Cenla Hulu dan Cenla Hilir (Cenla Darat dan Cenla Air).
Raja pengganti Jayawarman menguasai daerah itu sebagai Adiraja, tetapi tidak
menguasai secara langsung di daerah yang ada ditangan raja-raja kecil daerah. Cenla daratan ada
di Utara, sedangkan Cenla perairan ada di daerah delta di selatan.
Perepcahan ii jelas melemahkan kekuatan Cenla. Kedaulatannya atas daerah yangs
ekarang bernama Thailand dan Malaya lepas. Bahkan kelemahannya ini menimbulkan
keberanian kekuatan luar untuk menyerang Cenla. Pada akhir abad ke delapan Cenla Hilir
diserang oleh perompak dari “Jawa”, yang dimaksud mungkin serangan dari Jawa, Sumatera atau
Semenanjung Melayu. Sebuah Prasasti di Jawa menceritakan bahwa negeri itu dikalahkan oleh
Sanjaya (prasasti Canggal 732). Sementara itu seorang pengarang Arab bernama Abu Zaid hasan
(abad Ke-10) menceritakan kisah pengembaraan seorang saudaagar bernama Sulaiman yang
mengembara ke daerah ini pada tahun 851, yang mengetahui adanya serangan tentara Jawa atas
Cenla pada akhir abad ke- 8.
Jaman Kerajaan Angkor
Pendiri kerajaan Angkor adalah jayawarman II. Ia berhasil mempersatukan kerajaan
Cenla (Cenla Hulu dan Cenla Hilir). Ia memerintah sekitar tahun802-850. dari keturunan siapa
dia berasal, tidak diketahui dengan pasti. Mungkin keturunan Nripatidrawarman, bekas penguasa
Baladityapura, daerah, daerah bawahan Cenla pada mas Isanawarman. Keluarga ini pernah
menguasai daerah delta sungai Mekong.ada pula kemungkinan bahwa ia berasal dari Jawa.
Seperti diketahui dia memerintah menggantikan Mahipatiwarman, raja Cenla Hilir yang
terbunuh dalam serangan tentara Sriwijaya (Jawa ?). dia memerintah mulai dengan membangun
ibukota baru, indrapura sebelah timur kota kompong Cam. Dialah yang memulai meresmikan
pemujaan Dewa Raja satu bentuk agama Syiwa yang berpusat kepada pemujaan “lingga” sebagai
pribadi suci raja titisan syiwa dengan medium sang Berahmin Sivakaivalya.lingga ini didirikan
diatas Puncak bukit candi yang terletak di tengah-tengah ibukota yang dianggap sebagai pusat
dunia. Konsepsi pemujaan bukit candi ini berasal dari Mesopotamia yang kemudian menyebar ke
India.
Peresmian kultus dewa-raja ini juga dimaksudkan untuk menujukkan kemerdekaannya. Ia
(Jayawarman II) menganggap dirinya sebagai Cakrawartin, raja seluruh alam. Setelah dia,
merupakan suatu kewajiban bagi raja-raja Khmer untuk mendirikan bukit candi (gunung
pemujaan) untuk menjaga „lingga kerajaan‟ yang mengandung “semangat sucinya “. Bangunan
inilah yang menjadi ciri kerajaan Angkor yang penuh kemegahan itu.
Kemudian Jyawarman II mendirikan ibukota baru, hariharalaya, disebelah tenggara Siem
Reap. Kemudian ia mendirikan ibukota ketiga, Amanrendrapura (lokasinya belum diketahui
dengan pasti), kemudian ia mendirikan kota keempat Phnom Kulen, di bukit Kulen, sebelah
timur kota Angkor, ia mendirikan Mahendraparwata. Hasil penggalian membuktikan bahwa seni
bangunan di sana menunjukkan adanya pengaruh jawa dan Campa. Setelah jayawarman II
meninggal kemudian memerintah jayawarman III, putranya, pada tahun 850-877. kemudian
memerintah Indrawarman 877-889, mendirikan candi bakongkemudian memerintah
Indrawarman 877-889, mendirikan candi bakongkemudian memerintah Indrawarman 877-889,
mendirikan candi bakongkemudian memerintah Indrawarman 877-889, mendirikan candi bakong
di Angkor. Hasil seni bangunan ini merupakan awal seni bangunan klasik Khmer.
Pada tahun 889 memerintah Yasowarman (889-900), ia dianggap sebagai pembangun
kota Angkor yang sesungguhnya. Ia mendirikan candi Phnom bakheng dan kota sekitarnnya
bernama Yasodarapura, yang merupakan kota asal Angkor yang jauh lebih besar dari kota
Angkor Thom yang dibangun oleh Jayawarman VII pada akhir abad XII.
Kekuasaan Yasowqarman I ini meliputi kawasan yang luas. Dalam masa
kekuasaannyayang singkat itu ia mampu membangun kerajaan yang luas wilayahnnya
melampauui daerah yang dikuasai oleh jayawarman II dulu. Menurut Coedes daerahnya meliputi
lembah sungai mekhong sampai batas cina di sebelah utara, lembah sungai Menam.sarjana lain
Briggs menyatakan bahwa kekuasaan Yasowarman meliputi pula Tanah Melayu dan Kerajaan
Mon di Thaton, Burma HIlir. Diaantara karyanya yangsangat penting artinya adalah berhasilnnya
mengadakan /membanggun bendungan perbekalan air yang cukup bagi kepentingan pendiuduk
kota.
Sejrah Khmer pada abad ke X lebih banyak memuat catatan tentang perkembangan seni
bangun dibandingkan dengan peristiwa politik . keterangan yang biasa diperoleh dari berita Cina
pda waktu itu di Cina kadang sedang terjadi jaman kekacauan9akhir jaman Tang, dan jamn Lima
Dinasti). Sumber sejrahadalah prasasti saja, sedangkan prasasti hanya berisi tentang hal
Dewaraja dan istana saja. Peranan raja sebagai titisan dewa begitu muli sehingga tidak mungkin
melaksanakan tindakan pemerintahan. Dapat diperkirakan bahwa sesungguhnya yang
melaksanakan pemerintahan adalah segolongan bangsawan kerabat dan pembesar-pembesar
keagamaan.
Raja-raja pada abad berikutnya adalah Jyawarman IV (928-942) mungkin seorang
perampas kekuasaan yang kemudian terusir kesebelah timur laut. Kemudian Rajendrawarman II
(944-968) yang menrebut kekuasaan dari putra Jayawarman IV, Harsaawarman II (942-944).
Pusat kekuasaannya adi Angkor. Ia menyerang campa pada tahun 945. Ia seorang pemuja Siwa
tetapi sikapnya sangat toleran terhjadap agama lain. Pada masa nya agama Budha dapat
berkembang dengan pesat. Kemudian memerintah jayaawarmanV (968-1001) yang mendirikan
candi indah Banteay Srei.
Kerajaan Angkor dari Tahun 1001-1432
Pada tahun 1002-1050 memrintah raja besar, Suryawarman I. ia manggantikan raja
Udayadityawarman I (1001-10020. tidak ada berita jelastentang bagaimana dia naik takhta. Ada
dugaan bahwa ia berkuasa setelah melancarkan perang saudara yang lama, karena ia baru
menyatakan dirinya sebagai raja Angkor pada tahun 1010. sebuah prasasti menerangkan bahwa
ia menang/berkuasa dengan memakai pedangnya dan memusnahkan musuhnya.
Bangunan yang didirikan pada masanya adalah “Phimeanakas” (istana langit) dan Ta Keo
(candi pertama yang dibuat dari batu pasir). Menurt sebuah prasasti di lopburi menyatakan
bahwa kerajaan meliputi kerajaan Mon di Dwarawati, negeri melayu di Tambralingga yang
kemudian bernama Ligor, menurut catatan local. Ia menaklukan lembah Mekhong (sampai
Ciengsen).
Suryawarman I digantikan Udayadityawarman II (1050-1066) menghadapi
pemberontakan yang berkepanjangan disebabkan campurtangan Champa di Daerah yang
memberontak itu. Pemberontakan lainnya adalah pemberontakan yang dapat dikalahkan oleh
penglima Kamboja yang Mashur yaitu Jendreral Sangarama. Candi yang didirikannnya adalah
baphoun yang terkenal indah. Ia digantikan oleh adiknya, Harshawarman (1066-1080), tidak
berhasil mengatasi kekacauan, bahkan ia kmudian digulingkan dalam suatu pemberontakan yang
dipimpin oleh Jayawarman, anak guberbur Mahidhaputra. Berdirilah dinasti baru, di bawah
Jayawarman VI yanga mengalami kekacauan karena pemberontakan yang dilakukan secara terus
menerus oleh Harshawarman IIII. Ia digantikan oleh daranindrawan I (1107-1113).
Pemberontakan dapat digagalkan oleh Cucunya, yang kemudian berhasil menguasai
pemerintahan dengan nama suryawarman II (1113-1150), yang merupakan raja paling berkuasa
di Khmer. Pada masanya Champa dikalahkan, menurut catatan dari jaman dinasti Sung,
kekuasaan Khmer pada waktu meliputi daerah yang luas antara : Champa sampai pinggir laut
sebelah selatan, perbatasan Pagan di sebelah barat dan Gerahi pantai Timur semenanjung
Melayu. Dengan Cina dijalin hubungan diplomatic.
Suryawarman II adalah pendiri candi yang mashur Angkor Wat. Rumah pemujaan ini
jelas mazhab Wisnu, ada patung Wisnu ditempat bpemujaan, pada waktu itu mazhab Wisnu
nampaknya menjadi terkemuka walaupun mazhab Syiwa masih berpengaruh. Suryawarman
digantikan Draranindrawan II, saudara sepupunya, penganut agama BUdha, kemudian digantikan
yasowarman II (1160-11166). Pada masanya pecah dua pemberontakan ; pemberontakan petani
yang dikenal sebagai Pemberontakan Rahu, terjadi karena kesengsaraan kaum tani akibat
tindakan Suryawarman (pemborosan pembangunan candi megah ), pemberontakan kedua
dipimpin oleh Tribuanadityawarman, Yasowarman terbunuh. Pada tahun 1167 Champa
menyerang Kamboja, raja Tribuanadityawarman terbunuh kekacauan merajalela. Saudara tiri
yasowarman II, Jayawarman bangkit melawan bangsa Champa. Ia berhasil merebut tahta pada
tahun 1181. Kemudian Champa dapat ditaklukan.ia naik tahta dengan nama Jayawarman VII
(1181-1219). Pada masa kekuasaannya luas wilayah kerajaan lebih meluas lagi . menurut berita
Cina semejnanjung Melayu dan Pagan di Burma menjadi daerah taklukannya. Pemerintahan di
Champa diserahkan kepda Ong Dhamatigrama yang sudah tinggal beberapa lamanya di istana
Angkor.
Mengingat factor keamanan, ia mendirikan kota baru Angkor Thom, kota yang dikelilingi
parit yang lebar, dibentengi dengan kuat. Untuk memasuki kota itu ada lima jembatan yang
harus dilalui, melalui lima pintu gerbang. Di tengah-tengahnya ada bangunan Indah Stupa
BAyon. Jayawarman VII memeluk agama Budha + Mahayana. Ia meletakan dasar pemujaan
Budharaja, dengan pusatnya Stupa Yon, jayawarman VII adalah raja yang besar tetapi
pembangunan-pembangunan megah dan peperangan membuat rakyat sengsaara. Dan hal ini akan
melemahkan kerajaan Angkor.
Setelah Jayawarman meninggal tidak ada lagi raja yang kuat. Sementara itu sejarah
Khmer abad ke-13 tidaklah jelas, karena tidak ada prasasti yang penting, sementara itu berita
CIna tidak menyebut-nyebut keadaan Khmer. Sumber utama ialah prasasti dari Champa dan Thai
juga prasasti dari Kamboja sendiri dari jaman kemudian.
Ada lima orang raja kemudian:
Jayawarman VIII (1243-1295). Pada masanya agama hindu tampil sengan pengaruh kuat,
sehingga pemujaan Budharaja dihapuskan. Sementara itu serangan bangsa Thai tak dapat
diatasinya, bahkan seorang puteri Jayawarman VIII dan kemudian mendirikan kerajaan Sukhotai
di lembah Suangi Menam daerah Khmer. Kemudian salah seorang rajanya yang terkenal, rama
kamheng malah memperluas wilayahnya dengan merugikan Khmer. Seorang pemuka Thai
leinnya bernama Mangrai dapat menaklukan kerajaan Mon, Haripunjaya di lembah sungai
Meping dan kemudian mendirikan Bandar Ciengmai. Mangrai dan rana kengheng mengikat
persaudaraan dengan Khubilai Khan yang telah menaklukan kerajaan Thai lama, Tali atau
Nancao (1253).
Pada tahun 1296 memerintah Indrawarman III. Hubungan dengan Cina membaik.
Indrawarman agaknya berhasil menahan serangan bangsa Thai. Kedua raja lainnya
adalah Indrajayawarman(1308-1327) dan kemudian Jayawarman parameswara (1327-?).
prameswara adalah raja Kamboja terakhir yang disebut-sebut prasasti. Tidak banyak yang dapat
diketahui tentang dia selain dia beragama Budha, bahas pali menjadi bahsa resmi. Prasasti-
prasasti sansekerta lenyap setelah Pameswara ini. Salahsatu sebabnya mungkin karena raja itu
memeluk agama Budha Hinayana dim,ana bahsa Pali menjai bahasa resmi, dan sementara itu
pemujaan dewaraja berakhir pada masa itu.
Keruntuhan Angkor
Kelemahan pemerintahan memberikan kesempatan baik kepada bangsa Thai untuk
menguasai sebagian perbatasan sebelah barat Kamboja. Serangan bangsa Thai mekin kuat
setelah mereka mendirikan kerajaan Ayuthia, pada tahun 1350. hal inijuga memberikan
kesempatan kepada bangsa Cham (Champa) untuk menyerang perbatasan sebelah timur.
Wilayah Angkor semakin menyusut sampai seluas seperti Kamboja sekarang. Yang paling
menentukan bagi Angkor adalah serangan kerajaan Thai pada tahun 1430 terhadap ibu kota
Angkor. Angkor jatuh pada tahun 1431 (karena adanya penghianatan dua orang pendeta Budha
yang membelot kepihak lawan). Raja Dharmasoka tewas dalam serangan ini. Seorang raja Thai
menduduki kahta kerajaan, tetapi tidak lama berkuasa sebab berhasil dibunuh putra mahkota
Kamboja, Pohnha Yat. Ia kemudian diangkat menjadi raja. Pusat kerajaan dipindahkan ke basan
sebelah timur sungai sungai Mekhong (1432) dan kemudian pada tahun 1434 dipindahkan lagi
ke Phnom Penh. Kamboja masih dapat mencapai kebesarannya seperti dulu. Karakteristik
jamanAngkor, yaitu kebiasaan mendirikan bangunan suci dalam ukuran besar dan megah tidak
dilakukan lagi.
2. Kerajaan Campa
(Kerajaan Campa diduga mulai muncul pada abad 2 M.)
Kerajaan itu berkembang pesat setelah abad ke-7. sisa-sisa peninggalannya masih dapat
dijumpai di daeah Mison, Tra Kieu dekat Amarawati (Quang Nam). Kebanykan monument itu
dibina pada masa pemrintahan Prakasdharma yang memakai nama gelar Vikrantavarmanu, yang
naik tahta pad tahun 653.bangunan suci yang dibangunnya mengikuti gaya India dan
dipersembahkan kepada dewa Wisnu. Ia digantikan Vikrantavarman II (686-731). Pada masa
kedua orang itu pernah dikirim utusan ke Cina. Pada masa ke 8 orang Cina disebut Huan-wan.
Pusat kekuasaannya kiranya Quang-nam, yang kemudian dipindahkan Pandurangga (Phan-rang)
dan Kauthara (Nha-trang).
Pada abad ke-8 Campamenderita berbagai kesulitan. Pada tahun 774 campa diserang
“Jawa” dan mengakibatkan hancurnya candi Po Nagar di Nha-trang. Pada yahun 777 serangan
ditujukan ke ibukota Virapura. Setelah ancaman dari jawa berlalu. Campa sendiri melakukan
beberapa serangan luar. Pada masa Harivarman I campa menyerang Cina dan Kamboja (pada
waktu itu raja Kamboja, Angkor, yaitu Jayavarman II). Pada masa Indravarman II (854-893)
pusat kerajaan ditetapkan Indrapura, daerah Quang-nam. Hubungan dengan Cina diperbaiki dan
Cina memberi sebutan Cang-ceng, artinya kota Can, atau dalam bahasa Sanskritnya adalah
Campapura. Pada waktu agama Budha berkembang di campa (ini dibuktikan dengan adanya
bihawa Budha di Dong-duong).
Pengganti IndravarmanII adalah Jaya Singhavarman I . Hubungan dengan CIna dan Jawa
menjadi baik.
Peristiwa-peristiwa yang patut dicatat antara lain :
Pada abad X, tahun 907 dinasti tang Jatuh. Orang Annam mengambil kesempatan untuk
memperjuangkan kemerdekaannya. Hal ini menyebabkan terbentuknya Dai-co-viet (Annam dan
Tongking) pada tahun 939. Ini terjadi pada masa Indravarman III berkuasa di Campa (918-959).
Pada masa paresvarman, permusuhan dengan kerajaan baru itu pecah pada tahun 979.
Annam menyerang Campa . Raja Campa tewas dan diganti oleh Indravarman IV. Selanjutnya
raja ini meminta bantuan Cina, tetapi tidak mendapat perhatian Cina.
Seorang Annam bernama Lua Ky Tong berhasil merampas ibukota dan manyatakan
dirinya sebagai raja Campa, untuk itu ia meminta persetujuan kaisar Cina. (InrdavarmanIV
meninggalm pada tahun 986).
Pada mas tahun 988 perlawanan campa bangkit dipimpin oleh pimpinan bangsa campa di
Vijaya (binh dinh). Ia mendirikan dinasti baru. Ia sendiri mengambil nama nobat Harivarman II ,
kedudukannya sebagai raja diakui oleh Cina. Pusat kerajaannya di Indrapura.
Peperangan melawan Annam yang berlangsung terus-menerus sangat melemahkan
Campa. Pada abd XI Campa menderita kerugian besar. Daerahnya disebelah utara jatuh ketangan
Annam. Kota Indrapura pada tahun 1044. rajanya , Jaya Simhavarman dipancung. Perlawanan
Campa dilanjutkan oleh Jaya Prasmavarman I. pada tahun1068, pada masa Rudravarman III,
Campa mencoba menyerang Annam, tetapi gagal. Pada tahun 1069 mengadakan serangan balih
dan berhasil melumpuhkan campa. Daerah Quan-am dan Quang tri secara resmi diserahkan
kepada Annam.
Pada tahun 1074, seorang pengeran bernama Thang mendirikan Dinasti baru (setelah
Rudravaen II meninggal tahun 1074). Ia mangambil nama nobat Harivarman VI. Hubungan
dengan Annam diperbaiki dengan jalan mengirimkan upeti yang tetap sepanjang masa
pemerintahannya.
Posisi campa memeng sulit. Di samping pula selalu mendapat ancaman dari Annam,
bahaya lain selalu mengancam pula, yaitu serangan Khmer, Pada tahun 1132 Suryavarman II raja
Angkor menyerang Campa, memaksa Campa untuk bersama- sama menyerang Annam, tetapi
serangan itu gagal. Pada tahun 1145, serbuan Angkor menyebabkan jatuhnya kerajaan campa.
Raja jayaIndravarman III lenyap dalam peperangan itu.
Seorang raja muncul baru di Pandurangga, rajanya yang pertama ialah Jaya Hariwarman
I. rupanya ia berhasil mengusir orang Khmer dari negerinya.dengan Cina dan Annam dijalin
hubungan baik. Penggantinya Jaya Indravarman IV mencoba membalas serangan Kmer. Pada
tahun 1177 ia mengirim tantaranya ke Kamboja dan berhasil menduduki Angkor. Pada tahun
1190 Kamboja membalas serangan Campa pada masa Jayavarman VII (PEndiri Angkor Yhom).
Camapa dirampo, rajanya Jaya Indravarman ditawan ke Kamboja. Anak Jayavarman VII
diangkats ebagai raja Campa (Pangeran In, namanya). Seorang Campa yang membantu
penyerangan dari Angkor ini, Vidyaandana, namanya, diangkat menjadi raja di Pandurangga
dengan nama Surayavarman.
Pangeran In diusir oleh pemberontakan orang campa dipimpin oleh jaya Indravarman V.
Jayavarman Vii, raja Angkor bersama-sama Jaya Indravarman Vi dan Suryavarman berusaha
menindas pemberontakan ini. Usaha ini berhasil tetapi kemudian Suryavarman membunuh Jaya
Indravarman IV dan menarik sumpah setianya kepada Kamboja. Selanjutnya dia bersekutu
denganAnnam dan dapat mempertahankan diri.
Antara tahun 1203-1220 Campa selalu mendapat sserangan dari Khmer, serangan ini
amat melamahkan campa.
Setelah ancaman Khmer berlalu dating pula ancaman dari Annam. Hal ini terjadi pada
masa Jaya Pramesvarman II. Perang pecah pada tahun 1252. Mungkin disebabkan karena Campa
tidak bersedia lagi mengirim upeti, selanjutnya campa menuntut kembalinya daerah-daerah
Campa yang dikuasai Annam. Jaya Pramesvarman terbunuh. Penggantinya Jaya Indravarman VI
berhasil menghentikan peperangan. Serangan Annam terhenri karena adanya ancaman serangan
Mongol. Pada tahun 1257, Hanoidiserang dan dirampok tentara Mongol. Serangan ini kemudian
dapat ditangkis oleh orang-orang Annam. Khu Bhlai Khan menuntut takluknya tiga Negara di
kawasan ini, Annam, Khmer, campa. Pada thun 1281 serangan Mongol ditujukan kepada campa,
dipimpin oleh Sogatu. Sogatu tidak mampu mengalahkan campa, sementara itu bala bantuan
yang dipimpin oleh Torgan dapat dimusnahkan orang-orang Annam ketika melintasi daerah
Annam. Torgan terbunuh, sedangkan Sogatu tewas di Campa.serangan Mongol gagal total, Khu
Bhlai Khan sendiri terpaksa menghentikan serangnnya karena berbagai kesulitan di dalam
negeri.
Pda waktu Marcio Polo datang di Campa, raja yang memerintah adalah Jaya
Singhavarman III (1288-1307). Nampaknya pasukan Campa terus menerus berjaga-jaga. Ketika
Khu Bhilai Khan mengirim pasukannyake Jawa (1292), pasuka campa siap menyerang jika
tentara mongol itu singgah di sana.
Hubungan denganAnnam diperbaiki. Tetapi raja Campa itu bertindak bodoh. Ia
menyerahkan beberapa daerah campa kepada Annam sebagai hadiah perkawinannnya dengan
saudara perempuan raja Annam, Tran Ahn Ton. Hal ini akan berakibat jauh pada masa
sesudahnya.
Pada tahun 1307 ia meninggal dan digantikan oleh anaknya, Jaya Simhavarman IV (Che
Chi), memberontak kepada Annam. Ia dapat ditawan dan digantikan oleh adiknya, Ce Nang.
Campa dijadikan sebuah provinsi Annam. Ketika Kamboja dan Campa diserbu bangsa Thai, raja
kamheng dari Sukhotai, Annam mampu mengusir bangsa Thai dari Campa. Tetapi Ce Nang
rupanya tidak puas dengan kedudukannya sebagai vazzal Annam. Ia memberontak pada tahun
1314, pada mulanya ia memperoleh kemenangan, tetapi pada tahun 1318 ia kalah. Ia kemudian
melarikan diri ke Jawa (ia anak Jaya Indravarman III, ibunjya putrid dari Jawa).
Ce Nang digantikan Che Anan. Ia pun memberontak kepada Annam pada tahun 1323. ia
berhsil mengusir tentara Annam. Ia berhasil memerintah dengan aman sampai tahun 1342.
Ordonico de Fardenone, seorang Perancia yang pernah berkunjung ke sana pada masa
pemarintahannya, menerangkan bahwa raja Campa mempunyai anak 200 orang. Negeri itu
adalah negeri yang indah dengan kawasan pantai dan perikanannya yang kaya. Che Anan adalah
pendiri dinasti ke -12 di Campa yang memerintah sampai 1390. pada tahun 1353, pengantinya,
Tra Noa mencoba mengembalikan daerah Campa yang dikuasai Annam. Walaupun gagal, ia
berhasil memberikan peluang untuk mengembalikan kebesaran Campa. Pada tahun 1360,
penggantinya Che Bo Nga naik tahta. Pada tahun 1371 ia menyarang Campa dan berhasil
menduduki Hanoi. Saying ia terbunuh dalam perang laut pada tahun 1390. penggantijinya tidak
mampu mempertahanankan kebesarn yang dicapainya. Annam bals menyerang dan berhasil
mendiuduki Indrapura (Quang-nam). Tetapi kemudian Cina masuk menyerang Annam dan pada
tahun 1407 mengusir Annam dari Vijaya. Campa memperoleh kembali daerahnya.
Pada tahun 1441, pemerintahan jaya Indravarman V berakhir. Selanjutnya campa
tengelam dalam perang saudara. Sementara ituAnnam memperoleh peluang untuk
menghancurkan tetangganya yang sering “mengacau” itu. Pada tahun 1446, perang pecah dengan
hebatnya. Pada tahun 1471 Vijaya dapat direbut, 60.000 orangorang tewas dalam perang itu.
Annam dapat merebut seluruh Campa.
3. ANNAM DAN TONGKIN
Orang Vietnam adalah paling banyak jumlahnya di semenanjung Indo cina. Mereka
menduduki lembah-lembah Sungai Merah dan Sungai Hitam di Tongkin, kawasan petani Annam
dan daerah delta sungai Mekhong di kochin Cina. Pada awal abad 1 mereka hanya menduduki
daerah Tongkin saja. Mereka berpindah ke selatan menaklukan Campa pada abad ke 15. dibawah
pimpinan Nguyen dari Huo seluruh daerah Campa dapat dikuasainya pada abad ke-17.
kemudian mereka membuka koloni-koloni di daerah delta sungai Mekhong yang merupakan
daerah Kamboja pada waktu itu. Sejak itu tak henti-hentinya mereka mersuk ke daerah Cocin
Cina.
Asal usul mereka msaih belum dapat diketahui dengan pasti. Diperkirakan mereka
berasal dari campuran suku-sukudi daerah Tongkin dengan satu kaum Mongoloid, yang mungkin
berimigrasi ke daerah Indo Cina. Bahasanya mempunyai pertalian dengan bahasa Thai dengan
unsure-unsur Mon Naner .
Bukti awal dari hasil arkeologinya didapatkan di Thanh Hoa dan Tongson. Ternyata
kebudayaan mereka adalah campuran kebudayaan Mongol-Indonesia yang dipengaruhi corak
kebudayaan Cina. Sejak abad ke-3 M. Kebudayaan Cina masuk ke daerah Tongkin dan Annam
Utara. Pada masa dinasti Chin (masa kaisar Shih Huang Ti), Jenderal Chao To menaklukan
Kwang Tung Kwangs Si dan menggabungkannya deangan Cina. Penjajahann Cina disana
dimulai pada tahun 214. Tongkin dan Annam sebelah utara dan diluar kekuasaaan Cina. Ketika
dinasti Cina mengahdapi kemelut, Chao To menyatukan daerah ini dengan kedua kwang
ini dan mendirikan kerajaan mereka dengan nama Nan Yuch (atau nam Viet, menurut
ucapan Annam).
Pada masa dinsti han, Nan yuch diberi hak otonomi. Pada masa pemerintahan Wu ti
(140-187), Tongkin dan Annam dikuasai Penuh oleh Cina. Sejakitu sampai tahun 939 menjadi
bagian dari Cina dengan nama Cao Cih (Tongkin), Ciu Can (Thanh Hoa) dan Janan (Annam
Utara).
Diantar tahun 541-602 Nam Viet mencoba memerdekakan diri di bawah pimpinan Li
Bon. Mula-mula berhasil tetapi pad tahun 547 usaha ini menemui kegagalan. Usaha
ini dicoba lagi pada tahun 590, kemudian tahun 600 dipimpin oleh LI Pat Tuu, tetapi
dihancurkan oleh Jenderal Cina Lieu tang. Akibat penjajahan ini, nam Viet terbuka bagi
masuknya unsure-unsur budaya Cina seperti: system susila Konfusius dan Budha Mahayana.
Tetapi unsure-unsur budaya asli masih tetapi kuat. Kebudayaan Cina Hnya diikuti sebagian kecil
sajaa masyarakat Annam. Penduduk desa tetap berkebudayaan aslinya. Demikian juga pengaruh
kebudayaan India, tidak mendalam.
Ketika dinasti tang jatuh pada tahun 907, Cina tenggelam dalam huru-hara. Orang Annam
mempergunakan kesempatan itu untuk merebut kemerdekaannya kembali dan berhasil. Pada
tahun 939, Ngo Quyen mendirikan dinasti Ngo (939-968). Pda mulanya negeri itu hanya
meliputi Tongkin, Annam, Thanh Hoa, Nghe Anh dan ha Tinh. Kemudian memerintah dinasti
Dinh (968-979). Dinasti Le memerintah antara Campa dan melakukan perampasan. Kemudian
pada tahun 1009 dinasti Li merebut kekuasaan dan memerinatah lebih dari dua abad.
Diantara tahun 969 sampai tahun 1009 telah terjadi beberapa perkembangan penting,
diantaranya :
Dinasti Dinh (pada masa Tien hoang) memperkokoh kedudukan agama resmi
dengan memasukan orang-orang tao dan Budha dalam pemeraintahannya.
Pada masa dinasti Le, teks-teks klasik dari cina dimasukan ke Annam untuk
menggantikan kepercayaan animuisme dan pemujaan nenek moyang.
Hasilnya : agama Budha banyak dicampuri unsure-unsur s setempat. Sedangkan
kaum terpelajar beragama tao dan konfuius.
Dinasti Li (1009-1225) berjuang memperluas wialayah Annam. Pada abad II orang
Campa terpaksa meninggalkan wilayah utaranya karena wilayah ini direbut oleh orang-
orang Annam. Sejak tahun 982 ibukota Campa dipindahkan ke Vijaya (Bihn Dinh) sebelumnya
di Indrapura. Pda tahun 1044 Vijaya dirampok habis-habisan oleh bangsa Annam. Raja Campa
kemudian terpaksa harus menyerahkan tiga daerah sebelah utara Annam.
Pada tahun 1225 dinasti Li digantikan dinasti Tran. Pada tahun 1257 serangan bangsa
Mongol tiba di Hanoi, tetapi kemudian dapat diusir berkat perlawanan bangsa Annam. Pada
tahun 1281, Kublai Khan mengirimkan tentara di bawah Sogatu untuk merampas campa dan
Annam. Campa danAnnam bersama-sama mengadapi dan dapat mengusirnya. Pada tahun 1287
untuk ketiga kalinya Hanoi dirampok Mongol. Raja Tran Nhon Ton (1278-1293) dapat
mengusirnya. Tetapi kerjasama Campa-Annam ini sebenarnya melemahkan Campa sendiri.
Berlangsungnya perkawinan antara adik Tran Ahn yon dengan raja campa dengan hadiah
perkawinan berupa penyerahan daerah Quangtri dan ThuaTien (Hue) sangat merugikan campa
dan menjadikan campa sebagai vazal dari kerajaan Annam.
Perlawana Che Bo Nga (1360-1390) berhasil merebut kembali Campa dan
menghancurkan serangan balasan Tran Duc Ton. Hanoi dirampok pada tahun 1371, tran Duc
Ton terbunuh dalam perang pada atahun 1377. tetapi pda tahun 1395 orang Annam berhasiil
merampas kembali daerah kekuasaannya bahkan memindahkan pusat pemerintahannya ke Than
Hoa (dari Hanoi).
Kemudian terjadi peristiwa mengejutkan. Pada tahun 1400, jenderal LI Qui Li
menggulingkan raja Tran. Keluarga Tran meminta perlindungan Cina (zaman dinasti Ming,
kaisar Yu Lo). Cina turun tangn jenderal Li Qui Li dapat ditawan. Tetapi kemudian tentara Cina
memaksa orang Annam memakai bahasa dan kebudayaan cina, maka bengkitlah perlawanan
Annam dipimpin oleh Le Loi pda tahun 1418. Le Loi berhasil mengusir Cian dan Mendirikan
DInasti Le yang ke dua. Kemudian dikirimnya utusan ke Cina untuk meredakan kemarahan
kaisar Ming. Rupanya kaisar Ming dapat mengampuni kejadian ini dan selanjutnya
membiarkan keadaan Annam tetap demikian.
Permusuhan dengan Campa berlangsung terus. Tahun 1442 campa menyerang Annam.
Pada tahun 1471Vijaya diram,pas Annam di bawaah LeTanh Ton (1460-1497) dan menajdikan
campa sebagai jajahannya. Tetapi sepeninggal Le Tanh Ton, raja-raja penggantinya adalah raja-
raja lemah, istana menjadi tempat persekongkolan. Kemudian seorang pembesar istana bernama
Mac Dang Doanh anak Mac Dang Dung, sampai tahun 1592. dinasti Le berkuasa kembali, tetapi
pada prakteknya kekuasaan ada pada keluarga Nguyen. Nguyen Kim meninggal kemudian
digantikan mertuanya, Trinth Kin. Setelah anak Nguyen kim dewasa 9dua orang) mereka
bersaing dengan Trinh Kim. Trinh kim membunuh yang sulung sedangkan yang bungsu berhasil
menyelamatkan diria dengan berpura-pura gila. Ia dikirim gubernur ke selatan, (bekas daerah
Campa). Putera yang berhasil menyelamatkan diri bernama Nguyen Hoang. Ternyata ia
kemudian berhasil mengumpulkan kekuatan pasukan yang kuat di selatan. Trinh Kim meninggal
pada yahun 1570. wilayah Annam dibagi menjadi tiga kekuatan : Keluarga Mac di Tongking
(Ibukota Hanoi), keluarga Trinh, berkuasa di istana. Dinsti Le berkuasa di Thanh Hoa Ngah An
dan ha Tnih, ibu kotanya Tay do . keluarga Nguyen memerintah wilayah selatan dengan Quang
In sebagai pusat kekuasaannya. Pada tahun 1592, Trinh Tong pengganti Trinh Kim merampas
Hanoi. Keluarga Mac melarikan diri ke perbatasan Cina. Mereka mendapatkan bantuan Cina dan
dapat mempertahankan diri di Cao Bang daerah perabatasan dengan Cina. Kedudukan ini
berlangsung sampai tahun 1577. Pada masa dinasti Manchu, dukungan Cina terhadap Mac
dicabut dan dialihkan kepada dinasti Le. Sejak tahun 1593 istana raja boneka keluarga Le
dipindahkan ke Hanoi.
Nguyen Hoang ternyata mencari kesempatan terus untuk merebut kembali kedudukan
sebagai pembesar istana mendampingi raja. Dalam pada itu kekuatan keluarga Trinh ternyata
sangat kokoh.
Demikianlah kedua keluarga yang bernmusuhan ini menunggu untuk bertemu dalam
peperangan yang menentukan. Dan peperangan besar antara keduanya pecah pada tahun 1620.
3. MYANMAR
Bangsa Myanmar tidak berasal dari keturunan satu Bangsa, tetapi merupakan campuran
bangsa-bangsa : Pyu, Birma, (dari Tibet), Mon (Tenaserim), Karen, Sahn (Siam) dan Kachin
(bagian utara).
Bukti paling awal dari sejarah Myanmar diketahui dengan adanya jalan darat antara Cina
dengan wilayah barat melalui utara wilayah itu. Penggunaan jalan itu disebut-sebut pada tahun
128 SM. Pada tahun 69 SM barulah Cina membuat kawasan Yung Chang dengan menundukan
orang Ai-Lao, letaknya disebelah utara kurang lebih 60 mil dari perbatasan Myanmar sekarang.
Legenda-legenda Budha menceritakan kedatangan India ke Myanmar hilir melalui laut.
Disebut-sebut tentang Suwarna bum, tanah emas. Diceritakan tentang dua orang lelaki
bersaudara bernama Tapusa dan Palikay\t yang dikatatakan diberi helai rambut oleh budha yang
kemudian dibawa melalui laut dan menyimpannya di pagoda Shwe Dago di Rangoon.
Dihubungkan dengan kerajaan Funan ada disebut-sebut tentang daerah yang ditaklukan
oleh fan Shih Man, yaitu Lin yang yang diperkirakan dibagian tengah Myanmar.
Penduduk Myanmar yang tertua adalah bangsa Pyu, bangsa ini menghuni lembah
irawadi, ibukotanya di Sriketra dekat prome. Mereka itu beragama hindu pemuja Wisnu, tetapi
ada juga ditemukan bukti-bukti pemujaan agamaBudha Mahayana. Orang Pyu telah mempunyai
hubungandengan kerajaan thai, din an Cao (Yunan), mungkin telah membayar upeti kepdanya.
Pda tahun 822 Nan Cao menyerbu Myanmar dari utara, memasuki Myanmar tengah.
Orang-Orang Mon
Orng-orang mon tinggal disebelah timur Irawadi, pusat kekuasaan di lembah sungai
menam Chao, phya. Nama kerajaannya, Dharmawati, berkembang sejak abad ke0, ibu kotanya
Nakorn Pa Tom. Orang Mon mempunyai pertalian darah bangsa khmer. Orang Myanmar
menyebutnya bangsa “Talshing”. Mungkin disebabkan karena orang Mon ini dipengaruhi
kebudayaan Telinggana di pantai timur India. Mereka tinggal di wilayah Myanmar sejak abad
ke-9. mereka bersaing dengan bangsa Myanmar untuk mempertahankan kedudukannya sampai
sekarang.
BANGSA MYANMAR
Bangsa Myanmar mendirikan sejumlah begeri kecildi bagian Myanmar tengah sedikit
sekali berita yang diketahui tentang mereka sampai abad ke-11.
Pagan, salah asatu dari kerajaan bangsa Myanmar telah didirikan sejak tahun 849, pada
waktu mulai didirikan tembok-tembok kota oleh Pyanpya. Sedikit demi sedikit mereka dapat
menguasai daerah Myanmar sekarang. Mereka diduga berasal dari daerah pdang pasi Gobi,
timurlaut Tibet, mungkin jugadari Kansu.
Karena serangan bangsa Cina, mereka menguasai kedaerah selatan. Dari pergaulannya
dengan orang-orang Nanchao mereka belajar cara-cara berperang, memakai panah,
menunggang kuda, menanam, padi. Selanjutnya mereka menyebar ke kawasan Birma Hulu, ke
daerah Kyause, nam birma semula ada dalam prasasti Mon bertarikh 1102, bangsa Birma
semula disebut Nirma. Orang menyebutnya Mien (1273, ketika bengsa Mongol menaklukan
Pagan).
Pada masa raja Anawratha (1044-1077) untuk pertama kalinya Myanmar dapat
dipersatulam. Pda waktu itu agama Budha Hinayana dijadikan agama resmi. Arakan dan Mon
dapat ditaklukan. Penaklukan ini menyebabkan persaingan antara bangsa Myanmar dengan
bangsa Mon berlangsung berkepanjangan. Walaupun bangsa mon dapat dikalahkan, namun
adalah bidang kebudayaan bangsa Myanmar banyak dipengaruhi bangsa Mon. Istana Pagan
mengambil aspek budaya Mon. Lahasa Pali dijadikan bahasa agama dan tulisan Mon dipakai
untuk menuliskan bahasa Myanmar. Agama Budha Mahayana yang semula berkembang dari
Konyeceram (India Selatan) dan bercorak Mahayana tergeser oleh agama budha Hinayana yang
menyebar dari Ceylon, yang kemudian lebih dikenal dengan nama Budha Treravada.
Bangsa Mon memberontak pada tahun 1084 pada masa pemerintahan raja Sawlu (1077-
1084). (1077-1084). Kerajaan Pagan dapat diselamatkan oleh Kyanzittha (1084-1112).
Kyanzittha dikenang orang karena pada msa kekuasaaanya didirikan stupa yang indah, Ananda.
Ia berhasil mengadakan hubungan baik dengan Cina dan India. Pada akhir kekuasaaanya timbul
pemberontakan yang melemahkan kerajaan. Ia diggantikan oleh cucunya Alaung Sithu (1112-
1165). Pada masanya didirikan stupa Thatpiyu. Pada masa penggantinya, Narapantisithu agama
Budha Trevada berkembang dengan peset, sehingga dipeluk oleh hampir seluruh rakyat
Myanmar.
SERANGAN BANGSA MONGOL
Pada tahun 1287 Pagan diserang mongol (Kubhilai Khan) karena tuntutan kerajaan
Mongol agar Pagan membayar upeti ditolaknya, (1271). Kejadian ini terjadi pada masa
pemrintahan Narathihapata (1256-1287). Utusan Cina dibunuhnya. Kerajaan kecil diperbatsan
timur laut Pagan yang tunduk kepada Mongol diserangnya. Pda tahun 1277 raja muda Yunnan,
yang tunduk kepada Mongol menyerang Pagan. Pada tahun 1283 raja melarikan diri ari ibukota
tetapi kemudian du\ibunuh oleh salah seorang putranya. Pada tahun 1282kerajaan Pgan ini
dihancurkan oleh Mongol. Keruntuhan kerajaan Pagan ini dipakai oleh salah satu cabang
bangsa Thai, yaitu bangsa Shan untuk menguasai daerah-daerah Myanmar sebelah timur,
mereka kemudian mendirikan kerajaan-kerajaan kecil; pemukinman mereka kemudian menyebar
ke daerah-daerah utara Birma, Annam. Raj aterakhir pagan, kyawsa, terbunuh oleh bangsa Shan
pada tahun 1299.
Myanmar tenggelam dalam kekacauan. Orang-orang Mon mendirikan kerajaan Pegu di
delta Sungai Irawady. Bangsa Shan mendirikan kerajaan Sagaing dengan ibu kota di Ava.
Kerajaan ini kemudian mengambil kebudayaan Myanmar . kelompok-kelompok bengsa
Myanmar mendirikan kerajaan tounggoo. Terhadap kerajaan Sangaing banyak timbul banyak
timbul perlawanan dari kalangan bangsa Shan sendiri. Dalam keadaan kacau itu banyak orang
Myanmar melarikan diri ke kerajaan Tounggoo.
Sementara itu kerajaan Mongol bermaksud menjadikan daerah m,yanmar sebagai daerah
kekuasaannya, kemudian membaginye menjadi dua bagian; sebelah ytara disebutnya Provinsi
Cing Mien dan bagian selatan disebut Mien Cung.
Kerajaan Tounggo
Bangsa Mongol ke luar dari Myanmar pada awal bad ke 14. Dengan kerajaan Ava
dicapainnya perdamaian. Namun ternyata kerajaan Ava tenggelam dalam kekacauan. Sementara
itu kerajaan Tounggoo bertambah kuat. Pada tahun 1531, pada mas raja Tabinswethi (1531-
1550) kerajaan tounggoo berhasil meluaskan daerah kekuasaaanya ke seluruh Myanmar
taabinswenthi mendapat julukan Raja Myanmar.
Mon dapat didudukinya, selanjutnya bergerak ke selatan, Pagan dapat dikuasainya.
Penggantinya, Bayinaurg (1551-15810 melengkapi kemenangan. Ia menaklukan Ava dan
mencapai kesatuan seluruh Myanmar, pada tahun 1555. sementara itu bengsa Myanmar terlibat
perang dengan bangsa Thai. Di daerah –daerah berlangsung terus perlawanan pemberontakan.
Perang yang berlangsung terus menerus menyebabkan kerajaan Tounggoo pecah. Baru pada
masa pemerintahan Anaukpetlun (1605-1628) Myanmar dapat dipersatukan lagi dan untuk waktu
seratus tahun lamanya bangsa Myanmar dapat dipersatukan.
Bersamaan denngan itu bangsa barat mulai masuk di kawasan ini. Bangsa portugis
mempunyai kedudukan di Arakan. Mereka berkesempatan melusakan pengaruh kekuasaaannya
di bidang perdagangan antara pesisir Myanmar sampai Siam, kepalanya adalah Phillip de Britto.
Raja-raja terakhir kerajaan tounggoo Thalu (1629-1648), Pindale (1648-1661) dan akhirnya
Dapati (1735-1752) tidak berhasil mempertahankan kebesaran tounggoo. Kelemahan Tounggoo
diprgunakan oleh bangsa Mon untuk memberontak. Namun mereka tidak berhasil. Dalam
keadaan kritis itu muncul tokoh baru Alaungpya yang mengaku dirinya pewaris kerajaan Pagan.
Ia dapat mengalahkan bangsa Mon, selanjutnya Dagon, yang diberinya nama Ranggoon, artinya
“Berakhirnya Perang”. Pegu dikuasainya pda tahun 1757. pada tahun1760 ia telah dapat
menaklukan seluruh Myanmar.
4. SIAM
Ada pendapat bahwa penduduk asli Siam berasal dari daerah Cina, Nanchao. Mereka
terdesak oleh orang-orang cina ke Selatan. Sebelum kedatangan bangsa Siam ini, daerah itu
didiamioleh orang-orang Negrito, Melayu dan mon Khmer. Selanjutnya dating bangsa Khmer
yang diduga berasal dari kamboja, bangsa Mon (talaing) yang kemudian bermukim di Pegu
(Myanmar), Khamuk di Laos, dan Kha di daerah Shan.
Ketika Ashoka sedang giat-giatnya menyebarkan agama budha (370 SM), agama budha
masuk ke Siam melalui Na Korn patnom, birma melalui Thaton. Pada akhir abad ke-1 Masehi
raja kanishka membentuk majelis agama budha. Akibatnya agama budha pecah menajdi dua
bagian , yaitu Mahayana dan Hinayana. Daerah-daerah yang menganut budha Mahayana antara
lain Nepal, Tibet, Cina, Jepang dan Annam (Vietnam).
Sedangkan daerah-daerah yang menganut Budha Hinayanaadalah Birma, Siam dan
kamboja.
Raja kanishka sendiri adalah seorang penganut Mahayana dan denngan aktif dia
menyebarkannya. Setelah Kanishka wafat, pengaruh budha mengalami kemunduran kemudian
kaum Brahmin memegang peranan, diantaranya Jayavarman. Raja Angkor pertama dan
Suryavraman, membangun canci Angkor Wat (tahun 1100).
Mengenai penduduk awal Siam, g. Coedes berpandapat bahwa nama siam berasal dari
Syan, pertama kali ditemukan dalam tulisan di candi Angkor Wat. Nama ini dipakai
untuk memberi nama bangsa thai. Bangsa Thai ini termasuk bangsa yang mudah menyesuaikan
diri dengan kebudayaan baru dengan tidak melupakan kebudayaan sendiri.
Pendapat lain adalah menurut Hall. Dia mengungkapkan bahea oaring Syam, Laos, dan
Siam seketurunan dengan orang Cina yang diperkirakan muncul dalam sejarah pda abad ke-6
SM. Untuk melapaskan diri dari keuasaan Cinamereka melarikan diri ke Syan Utara di
Myanmar. Mereka disebut bangsa Ailao.
Kerajaan Nanchao adalah kerajaan bangsa Syan pertama pada pertengahan abad ke-8
sampai abad ke-9. nanchao dapat menyusuri daerah lembah Sungai Irawadi. Raja-rajanya yang
terkenal adalah kolofeng dan I-Mou-Hsun mengakui kekuatan Cina dan meneruskan hubungan
sebelumnya antara orng Pyu (Myanmar) dan ornag Cina.
Gerakan orang Thai ini perlahan-lahan berjalan terus ke selatan. Sebagian adari mereka
bergabung dengan orang Khmer, Mondan Birma (Myanmar). Pada akhir abad ke 11 utara (delta
sungai Meping dan sungai Mewang) telah berdirikerajaan thai dengan nama kerajaan payao.
Perubahan yang berangsur-angsur sejak awal abad ke-12 dari beberapa daerah „Moung”,
munculah kerajaan Mogaung (1215) yang terletah di Birma Hulu. Berdasarkan legenda setempat,
terjadi gelombang perpindahan bangs Thaisebelah timur, yaitu daerah lan Chang (Luang
Prabang). Pada tahun 1238 terjadi penaklukan bengsa Khmer (kerjaan Angkor) di Sukhotai yang
kemudian pada pertengahan abad ke-13 dijadikan ibukota kerajaan di bawah pemerintahan Rama
Kemheng. Menjelang akhir abad ke-13 timbulah pembagian wilayah kekuasaanL: Mangrai dari
Ciengrai menguasai kerajaan Ciengmai, sedangkan Kemheng dari Sukhotai menaklukan Mon di
lembah Menam. Pada tahun 1287 antara Mangrai, rama Kemheng dan Ngn Moung (penguasa
Payao) bersatu dan mampu meluskan daerah keuasannya karena kemunduran Pagan dan Khmer.
Diantara raja Thai yang paling besar peranannya adalah Rama Kamheng. Dia berhasil
mendapatkan perlindungan dari Cina dalam menghadapi Khmer. Juga pada masa Rama
Kamheng (1283-1317) ialah kerajaan Sukhotai mengalami perluasan wilayah ke lembah sungai
menam, bahkan ke kawasan Semenanjung melayu.
Coedes mengungkapkan, bahwa Sukhotai di bawah Rama kamheng “rama yang berani”
menjadi negeri yang luas dan makmur. Dalam hal ini ada dalam prasastirama Kamheng
yang melukiskan bagaimana dia berkuasa sebagai raja yang berdaulat bagi seluruh rakyat. Selain
mengenai kemakmuran negerinya, pada prasasti itu dilukiskan bahwa rakyatnya menganut
agama Budha ortodok. Akan tetapi raja masih sering memberikan persembahan kepad penguasa
hantu bukit Khao Lung, Pra Kapung.
Mengenai kebudayaan Sukhotai yang juga terdiri orang Kmer dan Birma, coedes
mengungkapkan bahwa kebudayaan Thai banyak menyerap kebudayaan Negara-negara
tetangganya, abik Kmer maupun Mon dan Birma. Bahkan karena adanya pengaruh India (dalam
bidang agama), undang-undang dan keseniannya banyak dipengaruhi India.
Hal yang juga menarik dari pemrintahan rama Kamheng adalah yang berhubungan
dengan Cina. Dia masih mengakui Cina sebagai Negeri atasannya. Adanya utusan dari sukhotai
ke istana Cina Misalnya, merupakan bukti adanya hubungan yang erat antara Sien 9sebutan
Cina bagi Sukhotai; orang Khner menyebut Syam atau kaum liar; dan Birma menyebutnya Syan)
dan Cina.
Sepeninggal Rama Kamheng, Sukhotai diperintah oleh Lao Tai (1317-1347). Kerajaan
ini mulai mengalami kemunduran. Penyebabnya antara lain karena raja silau oleh gelaran
yang diberikan oleh rakyatnya, yaitu Sua Tai (harimau orang Tahai). Disamping itu terlalu
banyak waktu dan tenaga untuk penyebaran agama Budha. Untuk hal yang terakhir ini Lao Thai
diberi gelar Dharmaraja. Demikian pula putra pengganti lao tai yang bernama Lu Tai seorang
ahli agama yang pada tahun 1361 memutuskan untuk tinggal di biara.
kemunduranSukhotai digantikan oleh kebangkitan keturunan mangrai (pendiri Ciengmai)
yaitu ramadhipati. Pada tahun 1350 dia mendirikan ibukota baru di Dwarawati Sri Ayudya.
Kerajaan Ayuthya dibawah Ramadhipati ini merupakan kerajaan yang kuat. Kekuasaanya
meliputi lembah hilir sungai menam, sebagian semenanjung Melayu, Tenasserin, dan tavoy
(Myanmar sekarang). Karena besarnya itulah maka Khublai Khan beruasaha menjatuhkannya.
Selain menjalin hubungan baik dengan Cina (zaman dinasti Ming), Ramadhipati telah
mewariskan perundang-undangan di negeri Thai. Ia dianggap peletak dasar perundang-undangan
Siam sampai zaman Chululongkorn ()1868-1910).
Pada tahun 1369 ramadhipati meninggal digantikan oleh puteranya pamesuen, gubernur
lapburi. Karena barbagai hal antara lain timbulnya kekacauan didalam negeri pda tahun 1370
tahta diserahkan kepda Boromoraja I. Akan tetapi ketika Boromuraja I meninggal (1388-?) tahta
direbut kembali oleh ramesuen. Dia memerintah sampai tahun 1395. raja selanjutnya adalah
putranya yang bernama Ran Raja. Pemerintahannya berakhir pada tahun 1395 ketika dia
diigulingkan oleh putera tertuanya.akan tetapi karena keduanya terbunuh, maka yang menjadi
raja adalah putera bungsunya dengan gelar boromoraja II 91424-1448). Hal-hal yang penting
dari pemerintahannya adalah serangan terhadap Angkor (1431-1431) dan pelantikan putera
sulungnya, yaitu ramesue menjadi gubernur di Pitanulok (wilayah Sukhotai).
Pada tahun 1488 Boromoraja II meninggal dan digantikan oleh puternya Ramesuen
dengan gelar Bromo tailokanat (biasanya disingkat Trailok). Raj ayang memerintah sampai tahun
1488 ini mencoba melakukan perubahan dalam system pemerintahannya yakhi dengan
melakukan pembagian jkekuasaan kepda mentri-ment. Selain itu juga Trailok melakukan
“landreform”yang diatur oleh undang-undang walupun tidak secara terlepas dari tradisi mereka.
Demikian pula “Kot Motien Ban”undang-undang istana tahun 1450 merupakan undang-undang
yang dimodifikasi dari tradisi masyarakat Ayuthya sebelumnya.
Dalam hubunganya dengan kerajaan-kerajaan lain, pada masa raja Trailok ini terjadi
beberapa kali perang engan Ciengmai, yaitu pda tahun 1451, 1462 dan 1467. hal ini terjadi
karena Ciengmai membantu gubernur0guberbur dalam lingkungan Ayuthya yang mencioba
memberonta. Untuk menghindari ancaman Ciengmai ini raja Trailok pada tahun 1462
memindahkan ibukota ke Pitanulok. Akan tetapi ketika dia meninggal dan digantikan oleh
puteranya Boromoraja III (1488-1491), Ayuthya dijadikan sebagai ibukota kembali sedangkan di
Pitsanulok diangkat adik raja yang bernama Jai Jetta sebagai gubernurnya.
Setelah Boromoraja III meninggal tahun 1491, Jai Jetta naik thata dengan gelar Rama
Tibodi II (1491-529). Sejak pemerintah Rama Tibodi inilah Asia Tenggara memasuki era baru.
Setelah Malaka jatuh ketangan Portugis (1511), datanglah utusan Portugis, Duarte Fernandez,
yang memberitahu penaklukannya atas Malaka. Sementara itu konflik-konflik dengan Ciengmai
memaksa rama Tibodi II untuk memberlakukan wajib militer kepada penduduk yang telah
berusia 18 tahun. Pengganti Rama Tibodi, yaitu Boromoraja VI (1529-1534) hanya beberapa
tahun saja melakukan persetujuan dengan negeri Ciengmai. Selanjutnya konflik-konflik berlanjut
bukan saja hanya dengan Ciengmai akan tetapi juga dengan Laos dan Birma.